PKP

Libur Natal dan Tahun Baru, Masyarakat Bintan Harus Dukung Penuh Kenyamanan Wisatawan
Oleh : Harjo
Rabu | 20-12-2017 | 08:40 WIB
Apri-Sujadi1.jpg honda-batam
Bupati Bintan Apri Sujadi,megimbau agar masyarakat yang menghabiskan waktu libur selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 berpartisipasi dan peduli dalam menjaga kebersihan pantai dan lokasi wisata lainnya (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan mengharapkan agar masyarakat dapat ikut serta mendukung Pemerintah Daerah dalam usaha menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan selama libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira, menuturkan bahwa diperkirakan pada libur Natal dan Tahun Baru 2018 yang dimulai pada tanggal 25 Desember hingga 1 Januari 2018, Kawasan Pariwisata di Kabupaten Bintan khususnya Kawasan Pariwisata Lagoi, diperkirakan akan dipadati ribuan wisatawan.

"Apalagi tanggal 25 dan 26 itu kan cuti bersama, sehingga besar kemungkinan pada hari itu akan banyak pengunjung Wisatawan Dalam dan Luar Negeri ke Kawasan Pariwisata Bintan, khususnya Kawasan Pariwisata Lagoi, Pantai Trikora, Gurun Pasir Busung dan sekitarnya," ujarnya melalui rilis, Selasa (19/12/2017).

Ditambahkannya, berdasarkan hasil rapat koordinasi dalam Rapat Forum Komunikasi Daerah dalam hal pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 di Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu. Dirinya menyambut gembira ketika mengetahui bahwa rencananya Pihak Kepolisian Resort Bintan akan menurunkan setidaknya 2/3 kekuatan yang dimiliki Pihak Polres Bintan.

"Pemerintah Daerah dan aparat keamanan akan bersinergi dalam usaha menciptakan kenyamanan wisatawan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 dan kita mengharapkan agar masyarakat juga mendukung penuh," ujarnya.

Dirinya juga menyatakan bahwa hingga Desember 2017 ini, wisman asal Singapura masih mendominasi sebagai wisman terbanyak ke Kabupaten Bintan. Lalu, disusul dengan Tiongkok, India, Malaysia, Korea Selatan, Philipina, Jepang, Inggris, Australia, dan Amerika.

"Banyaknya Wisman akan berdampak kepada naiknya PAD Bintan dari sektor pajak. Untuk itu kenyamanan Wisman harus menjadi prioritas bersama," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi, menuturkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan juga mengharapkan agar masyarakat yang menghabiskan waktu libur selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 untuk ikut serta berpartisipasi dan peduli dalam usaha menjaga kebersihan pantai dan lokasi wisata lainnya.

"Kami mengimbau kepada pengunjung agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan," harapnya.

Dirinya mencontohkan, saat tahun-tahun sebelumnya, Kawasan Pantai Trikora acapkali dipenuhi sampah yang berserakan seusai pengunjung menikmati suasana pantai saat Liburan Natal dan Tahun Baru. Imbasnya, pemandangan terganggu karena dirasa kurang elok bagi kenyamanan dan kebersihan pantai.

'Mari bersama-sama menjaga fasilitas wisata yang ada. Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi," pintanya.

Editor: Udin