Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Tanjungpinang Cabut Nomor Undian Dua Parpol untuk Verifikasi Faktual
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 19-12-2017 | 11:50 WIB
Robby-TPI.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang melakukan pencabutan nomor undian pencuplikan sampel keanggotaan Partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2019, Selasa (19/12/2017) di Kantor KPU Kota Tanjungpinang.

Pencuplikan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak untuk memilih sampel yang akan diverifikasi faktual oleh KPU Kota Tanjungpinang. Verifikasi faktual dilakukan dengan mendatangi kantor partai.

Dua Parpol yang mengikuti pencabutan undian adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU Kota Tanjungpinang ini meliputi verifikasi kantor, kepengurusan dan 30 persen keterwakilan perempuan.

"Setelah pencabutan seluruh partai bisa rapat untuk berkoordinasi dengan anggotanya," terang Robby.

KPU menyediakan 20 amplop, masing-masing partai mendapatkan 10 amplop. Pengambilan nomor undi dilakukan secara bersamaan dengan mengambil amplop yang telah disediakan di kotak secara acak.

Dengan disaksikan oleh Bawaslu Kota Tanjungpinang, anggota KPU Kota Tanjungpinang, Dewi Haryanti, Muhammad Yusuf, Muhammad Djuhari, Zulkifli Riawan serta anggota Partai Perindo dan PSI yang hadir.

Divisi Hukum KPU Kota Tanjungpinang, Dewi Haryanti mengatakan, anggota partai yang akan diverifikasi nantinya agar dibekali dengan lengkap supaya nantinya tidak ada kesalahan.

"Seluruh anggota yang mengikuti verifikasi faktual tolong dibekali KTA dan KTP-nya", ungkapnya.

Robby juga menambahkan, anggota KPU beserta stafnya akan pergi ke kantor Partai Perindo dan PSI pukul 13.00 WIB, hari ini untuk verifikasi kepengurusan.

"Pukul 13.00 nanti seluruh Komisioner dan staf akan mengunjungi kantor Partai Perindo dan PSI dengan dibagi 2 tim", ungkap Robby.

Editor: Gokli