Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KM Putra Sulung Tenggelam di Perairan Mapur, 6 Orang ABK Berhasil Diselamatkan
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Senin | 18-12-2017 | 18:38 WIB
Bawa-nakhoda-dan-ABK-ke-Kijang.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mendapat laporan kapal kayu KM Putra Sulung tenggelam, BNPP Tanjungpinang langsung menurunkan kapal KN Bhisma dan Rescue ke lokasi kejadian bersama Kal Merapas Lantamal IV Tanjungpinang (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - KM Putra Sulung, kapal pengangkut ikan tujuan Tarempak menuju Kijang, Bintan tenggelam di perairan Mapur, Senin (18/12/2017) pukul 01.00 Wib. Enam anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi, mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari Anggota Pos Angkatan Laut Seggarang, Tanjungpinang, bahwa telah terjadi kecelakaan pelayaran 1 unit kapal kayu KM Putra Sulung, tenggelam di perairan Mapur dengan rute Tarempak menuju Kijang.

"Kapal ini memiliki 6 ABK dan bermuatan ikan dan kotak fiber tempat ikan," ujar Budi.



Budi menjelaskan, kejadian itu berada pada koordinat TW 1217 01.00 G. Sedangkan komunikasi terakhir terjadi antara KM Putra Sulung dengan agen yang terdapat di Kijang, Ahong.

Seharusnya, pada TW 1218 07.00 G sudah tiba di Pelabuhan Kijang Pelni, namun belum sampai juga. Hanya saja info diperoleh dari nelayan Pulau Numbing yang menemukan fiber tempat ikan beserta ikannya yang hanyut.

"Setelah dikoordinasikan ke agennya, ternyata fiber itu benar milik KM Putra Sulung dan dari SAR sendiri menduga bahwa kapal tersebut tenggelam," katanya.

Berdasarkan laporan itu, BNPP Tanjungpinang langsung menurunkan kapal KN Bhisma dan Rescue ke lokasi kejadian bersama Kal Merapas Lantamal IV Tanjungpinang.

"Mendapatkan informasi itu, kita langsung terjun ke lokasi untuk mencari korban dan akhirnya menemukan 1 orang nahkoda dan 5 orang ABK dalam keadaan selamat," ungkapnya.



Keenam orang korban ini ditemukan oleh Tim BNPP dan tim gabungan dalam keadaan selamat seluruhnya dan saat ini keenam korban dievakuasi dengan Kapal KN SAR Bhisma yang rencananya akan dibawa ke Pelabuhan Pelni.

"Rencananya jam 16.00 ini seluruh korban akan tiba di Pelabuhan Pelni Kijang," pungkasnya.

Editor: Udin