Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Dorong Peningkatan Status RSUD Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 18-12-2017 | 17:02 WIB
tim-verifikasi-RSUD1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan verifikasi RSUD Bintan. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan terus berupaya meningkatkan status atau predikat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan dari type D ke type C.

Untuk itu, Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang dipimpin oleh Dr.Jimmy dan Dr. Rosa Wijaya akan melaksanakan survei akreditasi rumah sakit pada tangga 18-19 Desember 2017. Dalam kurun waktu tersebut, tim melakukan penilaian dan riset pada berbagai fasilitas maupun pelayanan RSUD Bintan.

Direktur RSUD Kabupaten Bintan, dr. Benny mengatakan bahwa status akreditasi RSUD Kabupaten Bintan saat ini adalah Rumah Sakit dengan Type D, dan status tersebut rencananya akan ditingkatkan statusnya menjadi Type C.

"Kita harapkan dengan kunjungan dan penilaian dari KARS ini mampu meningkatkan status RSUD dari Type D ke Type C," ujarnya, Senin (18/12/2017).

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam mengharapkan agar RSUD Kabupaten Bintan terstandarisasi dalam setiap pelayanan kesehatan. Dirinya juga mengharapkan, dengan peningkatan status rumah sakit dari type D ke type C, akan mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal. Tentunya hal ini akan ditunjang dengan perlengkapan dan peralatan kesehatan yang lebih baik.

"Dengan adanya survey ini kita mengharapkan agar rumah sakit terstandarisasi, meningkatkan status dari type D menjadi type C dan meningkatkan mutu pelayanan," ujarnya seusai menyambut kedatangan tim KARS.

Diketahui bahwa tim surveyor KARS akan melakukan penilaian status akreditasi RSUD Kabupaten Bintan berdasarkan pedoman Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). SNARS Akreditasi Rumah Sakit akan berisi tentang sasaran keselamatan pasien, standar keselamatan berfokus pada pasien, standar manajemen rumah sakit, program nasional, dan Integrasi Pendidikan Kesehatan dalam Pelayanan Rumah Sakit (IPKP).

Editor: Yudha