Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Dapat Tambahan 1 Kursi untuk DPR RI

Dwi Sosialisasikan UU Pemilu di SMK Plus Kemilau Bangsa Batam
Oleh : Romi Chandra
Senin | 18-12-2017 | 11:50 WIB
Dwi-sosialisasi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Kepulauan Riau Dwi Ria Latifa saat mensosialisasikan UU Pemilu di SMK Plus Kemilau Bangsa, Batam. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Kepulauan Riau Dwi Ria Latifa melaksanakan kegiatan sosialisasi Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di SMK Plus Kemilau Bangsa, Jalan Gajah Mada Komplek Stevonica Tiban III Batam, Senin (18/12/2017).

Menurut anggota Komisi II DPR RI ini, UU Pemilu 2017 dapat dikatakan sebagai suatu bentuk modifikasi dari berbagai perundang-undangan yang mengatur haI-hal yang terkait dengan Pemilu.

"Dengan undang-undang ini diharapkan akan ada satu kesatuan hukum tentang pemilu dan akan terhindar dari pengaturan yang saling bertentangan," ungkapnya.

Dilanjutkan, ada beberapa ketentuan baru di dalam UU Pemilu sekarang yang menurutnya harus duketahui. Yakni, adanya penambahan jumlah alokasi kursi bagi anggota legislative DPR RI di beberapa daerah pemilihan

"Untuk di Kepri, juga bertambah satu alokasi kursi. Penambahan ini tentunya akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi keterwakilan masyarakat di masing-masing daerah pemilihan tersebut tak terkecuali di Kepri," tambahnya.

Ia juga mengimabu, agar masyarakat jangan takut untuk menggunakan hak pilihnya karena telah dilindungi oleh UU.

"Bagi siapapun yang menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya maka orang itu bisa diberikan sanksi pidana. Karena itu, masyarakat harus menjadi pihak yang proaktif dalam menjalankan dan menegakkan ketentuan UU ini," katanya.

Sebagai sebuah produk hukum, tentunya UU ini masih terdapat berbagai kekurangan. Namun Dwi sendiri berharap agar semua pihak mampu menjalankan ketentuan dari undang-undang ini demi kepentingan bangsa dan negara.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan siswa SMK Plus Kemilau Bangsa Tiban dengan antusias dan melakukan sesi tanya jawab.

Editor: Gokli