Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dubes RI di Korea Siap Tawarkan Potensi Wisata Batam dan Lagoi
Oleh : Saibansah
Senin | 18-12-2017 | 17:26 WIB
dubes_ri_di_korea1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dubes RI untuk Korea Umar Hadi bersama BATAMTODAY.COM di depan Kantor KBRI di Seoul Korea. (Foto: Teguh)

BATAMTODAY.COM, Seoul - Sentimen anti China di tengah-tengah masyarakat Korea berdampak pada menurunnya minat mereka untuk berwisata ke negeri tirai bambu itu. Penurunannya pun sangat significan, di atas lima puluh persen.

 

Apalagi, ditambah dengan pemukulan dua orang wartawa Korea yang sedang bertugas meliput kunjungan Presiden Moon Jae-in ke Beijing pekan lalu.

Kondisi itu merupakan berkah bagi sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia. Karena selama ini masyarakat Korea sangat berminat untuk berkunjung ke Bali. Tapi dengan meletusnya Gunung Agung di Bali, membuat sejumlah wisatawan Korea membatalkan kunjungan.

Itulah pangsa pasar yang bisa ditarik Pemerintah Kota Batam dan Pemprov Kepri. "Kami siap menawarkan mereka untuk berkunjung ke Batam," ujar Dubes RI untuk Korea Umar Hadi kepada BATAMTODAY.COM di Seoul Korea, Jum'at (15/12/2017) lalu.

Baca: Dubes RI di Korea Sambut Hangat Diplomasi Kopi PWI

Meski demikian, lanjut Umar Hadi, ada kondisi yang menjadi sedikit hambatan. Yaitu, berdasarkan lembaga survey terpercaya di Korea, saat ini anak-anak muda Korea memiliki persepsi bahwa sejumlah negara di Asean belum menarik mereka untuk berkunjung. Terutama, karena faktor keamanan dan kebersihan.

"Tapi mereka sangat suka dengan Singapura. Jadi, saat ini, kalau mau menarik wisatawan asal Korea, lebih baik dari Singapura, pas mereka ke sana," papar Umar Hadi lagi.

Editor: Dardani