Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Jai Transit Jaringan Narkoba Internasional

BP Batam akan Pasang CCTV Canggih
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 17-12-2017 | 08:30 WIB
Bambang+purwanro+bpbatam.gif Honda-Batam
Deputi II Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Indonesia masih menjadi pasar yang sangat menggiurkan bandar narkoba internasional. Batam dijadikan tempat transit masuknya barang tersebut oleh Malaysia dan sindikat internasional lainnya.

Berbagai cara dilakukan mereka untuk mloloskan barang haram tersebut baik melalui jalur laut, darat hingga udara di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Dalam kurun waktu 2 bulan terakhir, Bandara Hang Nadim sudah menggagalkan puluhan kilogram narkoba dari bebagai jenis.

Menanggapi hal itu Deputi II Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto merencanakan pemasangan CCTV berkualitas canggih di pelabuhan dan bandara yang menjadi pintu masuk kedatangan dari luar negeri.

'Kami sudah evaluasi 2 bulan saya bertugas di BP Batam. Kami suah mendengar dan mengetahui 4 kali penangkapan narkoba di Bandara Hang Nadim," kata Bambang, Sabtu (16/12/2017),

Bambang menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan BNN Provisi Kepulauan Riau (Kepri).

Guna memperketat pintu masuk Indonesia melalui Bandara Hang Nadim maupun Pelabuhan Fery Internasional Batam Center dan Sekupang akan dipasangi CCTV canggih tersebut.

"Kan ada CCTV yang bisa melihat seluruh badan manusia. Dan itu akan kita ajukan ke BNN atau Polda Kepri. Kalau tidak, kami akan ajukan ke pusat," uja mantan Wakapolda Jawa Barat ini.

Menurutnya, CCTV canggih tersbut sangat penting diadakan di daerah perbatasan dengan negara tetangga seperti Kepri. Diharapkan alat tersebut bisa mendeteksi secara dini seluruh barang bawaan manusia, sehingga jika ada indikasi membawa narkba akan dapat langsung diketahui.

"Tidak menutup kemungkinan barang haram tersebut masuk dari negara tetangga melalui pelabuhan dan keluar dari Batam melalui Bandara Hang Nadim. Narkoba ini sudah menjadi musuh secara nasional. Kami akan perketat itu dengan berkomunikasi dengan Polda dan BNN," pungkasnya.

Editor: Surya