Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Balita Suspect Difteri, Ini Penjelasan Kadinkes Karimun
Oleh : Wandy
Sabtu | 16-12-2017 | 13:27 WIB
Kadinkes-Karimun11.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan surat imbauan kepada masyarakat, untuk mewaspadai penyakit difteri. Pasalnya beberapa daerah di Kepulauan Riau saat ini memang ditemukan adanya penderita difteri, antara lain Batam, Tanjungpinang dan Bintan.

"Sekarang kita (Dinkes) sedang mempersiapkan imbauan yang langsung ditandatangani Bupati Karimun," katanya, Sabtu (16/12/2017).

Ia menjelaskan, gejala difteri pada umumnya dirasakan penderita diantaranya tenggorokan dilapisi selaput tebal berwarna abu- abu, radang tenggorokan, pembengkakan kelenjar pada leher, masalah pernapasan, terdapat cairan pada hidung, demam dan mengigil.

"Apabila ditemui gejala- gejala tersebut hendaknya masyarakat segera memeriksakan langsung ke layanan kesehatan terdekat," ujarnya.

Rachmadi menuturkan, difteri dapat dicegah dengan imunisasi, apabila balita atau anak- anak yang telah imunisasi, kemungkinan kecil dapat tertular penyakit tersebut.

"Jadi bagi masyarakat yang memiliki bayi, tolong segera dilindungi anak-anak dengan melakukan imunisasi," ujarnya.

Editor: Yudha