Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Efek AR Kini Tersedia di Facebook Massenger
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-12-2017 | 10:14 WIB
fbm.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Facebook akhirnya tak melulu sontek fitur milik Snapchat untuk produk miliknya. Untuk pertama kalinya, Facebook Messenger menyediakan efek augmented reality (AR) pada layanan berkirim pesannya.

Dengan efek itu, pengguna Messenger nantinya bisa memasukkan efek tiga dimensi (3D) secara langsung pada foto dan video yang tertangkap kamera.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini menyebut efek buatannya dengan julukan 'efek dunia' atau (world effect). Sejumlah efek seperti panah, robot 3D berisi gelembung pesan dengan kata-kata tertentu nantinya bisa digunakan oleh pengguna Messenger.

Facebook menyebut kehadiran teknologi AR akan menjadikan Messenger kian interaktif bagi penggunanya. Efek filter dan masker pada foto sudah diperkenalkan ke publik mulai Selasa (12/12/2017) lalu. "Kami ingin pengguna, artis, developer serta kreator untuk membuat dan membagikan pengalaman terbaik berteknologi AR," jelas Ficus Kirkpatrick sebagai Director Facebook.

Mengutip The Verge, pengguna Facebook dan Messenger kabarnya baru bisa menggunakan fitur tersebut dalam beberapa hari ke depan.

Untuk mempercepat adopsi efek filter, Facebook pun membuka platform AR bernama AR Studio kepada pihak ketiga. Tujuannya untuk menggandeng lebih banyak kreator dan pengembang memanfaatkan platform mereka, sekaligus bersaing dengan Apple dan Google di ranah AR.

Teknologi serupa sebenarnya sudah sejak lama digunakan oleh Snapchat. Bahkan, Facebook juga tak segan mencontek fitur serupa untuk diadopsi pada Instagram Stories.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli