Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simak 5 Tips Ini Agar Baterai Ponsel Tak Cepat Panas
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 15-12-2017 | 14:38 WIB
charger-hp1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tips teknologi kali ini akan mengulas cara agar baterai ponsel kita tak cepat panas. Hal ini kerap mengganggu, terlebih kalau terjadi secara tiba-tiba dan kebetulan ada di saku kita. Bahkan, ini bisa jadi awal penyebab smartphone meledak.

Ini lima tips sederhana agar ponsel kita tak cepat panas:

1. Main Game dengan Wajar
Tak bisa dipungkiri, bahwa game menjadi kewajiban bagi smartphone alias ponsel pintar. Terlebih, untuk kids zaman now. Namun, hasrat untuk bermain game tampaknya harus ditekan saat ponsel sudah mulai hangat.

2. Minimalkan Penggunaan Bluetooth, GPS, dan Wifi
Sederhana, tapi berdampak besar. Ketiga fitur penghubung itu, kalau menyala terus-menerus, akan membuat ponsel kita cepat panas. Jika tidak digunakan, lebih baik dimatikan. Aktifkan kalau memang benar-benar dibutuhkan, terlebih wifi. Sebab, koneksi ini bisa jadi salah satu pintu masuk hacker untuk membobol smartphone kita.

3. Tak Gunakan Case Saat Mengisi Daya
Ini juga sederhana. Terkadang kita malas untuk membuka case ponsel hanya karena repot. Padahal case, terutama yang berbahan karet, merupakan penghantar panas yang buruk (isolator). Case akan menahan energi panas yang timbul saat kita mengisi daya ponsel.

4. Rajin Pindai File Tak Berguna
File tak berguna kerap muncul setelah sebuah aplikasi berhenti dijalankan atau berselancar di Internet. Isilahya cache. Ini yang membuat kerja ponsel melambat dan menyebabkan panas. Banyak aplikasi di Play Store maupun App Store yang bisa membersihkan file ini secara otomatis.

5. Gunakan Pengisi Daya Orisinil
Tren alat pengisi daya ponsel tanpa listrik ini sebelumnya dipelopori oleh SOScharger yang dapat mengisi daya baterai dengan tenaga tangan manusia. Gizmag.com

Pernah dengar soal charger gak ori, bukan? Nah, itu salah satu penyebab ponsel cepat panas. Musababnya, komponen elektronik yang dipakai bisa saja tidak sesuai dengan ponsel kita. Selain bikin cepat panas, charger tidak ori juga bisa bikin smartphone cepat rusak.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha