Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kuota Penerimaan CPNS 2018 Capai 200 Ribu Orang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 15-12-2017 | 14:14 WIB
PNS12.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan kembali membuka seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018 mendatang. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB Herman Suryatman mengatakan kuota penerimaan CPNS tersebut berjumlah 200 ribu orang.

"Ya proyeksinya seperti itu, sesuai dengan jumlah yang pensiun," ujar Herman, Kamis (14/12/2017).

Herman mengatakan sebelumnya Kemenpan RB telah menerima usulan dari tiap daerah untuk jumlah Aparatur Sipil Negara yang dibutuhkan. Namun, kata dia, setiap daerah yang mengusulkan harus memvalidasi terlebih dahulu usulan tersebut sesuai dengan regulasi. "Karena ada restrukturisasi, kami meminta daerah memvalidasi data-datanya. Itu yang sedang berproses sekarang," katanya.

Menurut Herman, dari informasi kedeputian SDM, diperkirakan proses validasi ini akan selesai pada bulan Februari atau Maret. Setelah validasi ini terlaksana, kata dia, Kemenpan RB baru dapat memastikan berapa kebutuhan instansi maupun daerah. "Sesuai dengan kebutuhan objektif instansi masing-masing terutama daerah," ucapnya.

Setelah validasi dilakukan, ujar Herman, kebutuhan objektif dari masing-masing instansi dan daerah akan diserahkan ke Kemenpan RB. Namun, kata dia, Kemenpan RB tidak akan langsung menerima validasi tersebut untuk jumlah ASN yang dibutuhkan. "Kemenpan RB akan mempertimbangkan seperti apa kapasitas fiskal negara dan pertimbangan lainnya baru nanti ditetapkan," tuturnya.

Herman belum dapat memastikan kapan seleksi penerimaan CPNS untuk tahun 2018 ini akan dilakukan. Dia mengatakan setelah data yang diterima Kemenpan RB valid setelah itu baru akan ditetapkan seberapa formasi yang dibutuhkan. "Tahap berikutnya baru pengadaan," ujarnya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha