Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perlu Banyak Inovasi

Pengusaha Miliki Peran Penting Majukan Suatu Daerah
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 15-12-2017 | 10:14 WIB
JK-ok.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla saat berpidato di acara penutupan Rapimnas Kadin Indonesia. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berkesempatan hadir saat menutup Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Hotel Radison, Kamis (14/12/2017) malam.

JK berpidato di hadapan seluruh peserta Rapimnas. Dalam kesempatan tersebut, JK menyampaikan, daya saing memang harus dan perlu ditingkatkan para pengusaha untuk menjadi tolak ukur apa yang dialakukan, di masa yang akan datang.

"Batam dahulu dengan Batam saat ini, sangat jauh tertinggal dari daerah lain. Konon dahulu daerah khusus di Cina Shenzen belajar dari Batam. Namun sekarang, justru Batam jauh ketinggalan dari Shenzen," ujar JK.

Untuk itu, selain daya saing yang harus tetap dipertahankan, perlu juga dilakukan berbagai-bagai inovasi. Pengusaha bisa merencanakan dalam kemajuan wirausaha.

"Kecepatan inovasi ini perlu. Kita lihat sekarang warung-warung dikalahkan dengan toko-toko yang bersebaran. Kecepatan inovasi ini luar biasa," kata JK.

Selain itu, JK juga menyatakan, soal upaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Di mana, tanpa ada pelatihan, atau peningkatan kemampuan, Indonesia akan tertingaal oleh nagara Singapura, Jepang, Korea dan Vietnam.

"Pengusahalah yang berfungsi peningkatan SDM. Dengan cara menerima anak-anak magang, dalam mengikuti pelatihan. Bagaimana membantu tempat-tempat yang dulu bayar, sekarang bagaiman tidak bayar," kata JK.

Daerah yang berkembang, kata JK juga harus memiliki tekat sema yang kuat untuk terus berkembang dalam banyak hal. Seperti semangat berwirausaha, semangat kerja dengan kemampuan dan kualitas kerja yang baik, dan lainnya.

"Semangat untuk berkompetisi, ini yang harus dijaga dan jadi bagian penting dari pengusaha. Semua bisa maju dengan berbagai cara. Melakukannya itu yang dengan semangat. Makanya perlu semangat untuk maju," pesannya.

JK juga menyampaikan, untuk maju, daerah tidak perlu mengeluh dan bergantung pada pemerintah. Tetapi kemajuan perlu ada upaya nyata bersama, pengusaha dengan pemerintah.

"Dengan seminar sudah memberikan kemajuan bangsa, negara yang terbaik adalah Indonesia. Karena di sini yang paling banyak dilakukan seminar. Dalam 1 hari ini saja sudah menghadiri tiga seminar di tiga kota yang berbeda," demikian Jusuf Kalla.

Editor: Gokli