Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simak Tips Menyimpan Helm Agar Tidak Bau Apek
Oleh : Redaksi
Kamis | 14-12-2017 | 14:38 WIB
Helm11.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebagai pengendara sepeda motor, helm merupakan salah satu perangkat penting yang harus kita pakai setiap hari dalam berkendara. Namun seiring dengan pemakaian helm juga akan mengalami penurunan kenyamanan ketika dipakai, terutama soal bau tidak sedap yang timbulkan dari bagian dalam helm.

Dari sejumlah informasi, masalah munculnya bau tidak sedap atau 'apek' dari dalam helm tersebut ternyata karena kita kurang memperhatikan dalam masalah menyimpan perangkat keamanan berkendara itu.

Sebelumnya, bagaimana pola kita dalam menyimpan helm, apakah dengan keadaan tengkurap atau terbalik? Selama ini mungkin mayoritas dari kita menyimpannya dalam keadaan tengkurap kan? Nah, hal itu yang justru menjadi penyebab munculnya bau 'apek' tersebut.

Begini penjelasannya. Setelah helm dipakai bagian dalam helm akan menjadi lembab karena keringat dan sebagainya. Kondisi tersebut akan memicu timbulnya bakteri dan jamur yang akan memunculkan bau tidak sedap tersebut.

Ketika helm disimpan dalam keadaan tengkurap justru akan mempercepat perkembangan bakteri dan jamur tersebut, karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk untuk membantu mengurangi kelembabannya.

Berbeda ketika kita meletakkan helm secara terbalik, udara akan dengan bebas membantu mengeringkan bagian dalam helm yang lembab.

Sumber: Kapanlagi.com
Editor: Yudha