Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Natal dan Tahun Baru Satgas Pangan Anambas Cek Ketersediaan Sembako di Pasar
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 14-12-2017 | 09:14 WIB
Tinjau-Pasar-di-Tarempa.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Satgas Pangan cek ketersediaan sembako di Pasar Tradisional Tarempa (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Tugas Dewan Ketahanan Pangan Kepolisian Resor Anambas didampingi Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengecek ketersediaan sembako ke lapangan. Hal tersebut diakui untuk memastikan ketersediaan sembako menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Selama pengecekan di lapangan, kita mendatangi toko-toko besar. Toko Mandiri kita dapati beras Panda 10 ton, beras Citra Mandiri 7,5 ton, tepung 2,5 ton, minyak goreng 8000 liter, Toko Panda kita dapati bawang merah 1 ton, bawang putih 1 ton, telur ayam 300 ikat, ayam beku 700 Kg, daging sapi 100 Kg, cabai merah 100 kg, cabai rawit 100 kg, cabai kering 400 kg dan minyak curah 1400 liter,"urai Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Kamis (14/12/2017).

Dia mengakui, secara umum kebutuhan dan stok ketersediaan bahan pokok masih mencukupi dan tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga kebutuhan pokok.

"Ini didukung dari toko lain yakni Toko Mulia, kita mendapati stok beras Doble Koin 70 ton, gula 1 ton, Toko Afrika tersedia tepung 6,25 ton, Toko Menanti bawang putih 80 kg dan bawang merah 105 kg," ujarnya.

Dia memprediksi akan ada kenaikan harga pada komoditi tertentu seperti bawang merah, cabai, telur ayam. Karena daya beli masyarakat akan meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru. "Kenaikan harga ini pun kita minta sebatas wajar," tegasnya.

Junoto menambahkan, dari Disperindag belum ada Harga Eceran Tinggi (HET) Anambas. Menurutnya ini menjadi kekhawatiran pada konsumen. "Ini yang kita antisipasi, harga bisa tiba-tiba tinggi sehingga memberatkan konsumen. Meski demikian kami akan tetap memantau secara berkesinambungan dalam rangka mengantisipasi adanya kelangkaan barang, kenaikan harga signifikan serta penumpukan barang," tegasnya.

Editor: Udin