Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Letkol Marinir Rino Rianto Pimpin Yonif 10 Marinir SBY
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 11-12-2017 | 14:26 WIB
Danyon-Marinir-Rino1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Letnan Kolonel Marinir Rino Rianto, kini menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (SBY). (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (SBY) Pulau Setokok Kota Batam kini memiliki komandan baru, Letnan Kolonel Marinir Rino Rianto. Ia  menggantikan Letkol Marinir Carles Arianto Lumban Gaol.

Serah terima jabatan (Sertijab) sebagai rangkaian melanjutkan tampuk kepemimpinan tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/SBY di Pulau Setokok, Bulang, Senin (11/12/2017) pagi.

Sebelumnya, Letkol Rino Rianto menjabat Komandan Batalyon Intai Amfibi-2 Marinir (Danyon Taifib-2 Mar) Jakarta. Sementara Letkol Carles akan bertugas di Akademi Angkatan Laut Surabaya.

Acara sertijab dipimpin langsung oleh Komandan Brigade Infanteri (Brigif)-3 Marinir, Kolonel Marinir Umar Farouq yang dihadiri oleh seluruh Instansi, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pemerintah Kota Batam dan Tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kolonel Marinir Umar Faroug mengatakan, pergantian jabatan itu merupakan perwujudan dinamika organisasi, sehingga diharapkan tercipta suasana baru dan ide cemerlang serta pemikiran baru dalam menjalankan tugas sebab marinir merupakan satuan strategis dalam menghadapi tantangan keamanan dari laut menuju daratan.

"Perkembangan potensi konflik dan ancaman global semakin nyata. Jabatan Korps Marinir merupakan jabatan strategis. Karena terdapat tanggung jawab pembentukan moral prajurit," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Letkol Marinir Rino Rianto mengatakan, akan tetap melanjutkan kebijakan Danyon sebelumnya. Adapun misi, selain kuat bersama rakyat berkarakter maritim, juga ke depanya akan terus mengasah kemampuan anggota marinir yang dipimpinnya.

"Saya menginginkan Bataliyon 10 SBY ini lebih solid lagi, mengasah kemampuan profesional anggota. Selain itu, kita juga akan mengabdi kepada Kepri," ujar Rianto.

Sementara Letkol Marinir Carles mengatakan, dibawah kepemimpinan Komandan Yonif (Danyon) yang baru, Letkol Marinir Carles memiliki keyakinan besar bahwa pimpinan yang baru memiliki visi dan misi yang baik untuk kemajuan serta meningkatkan kemampuan prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY.

"Tentunya tetap menjaga keharmonisan dan kerja sama yang baik dengan instansi pemerintah daerah, TNI, Polri dan Masyarakat," ujar Carles.

Letkol Marinir Carles mengatakan, jabatan Komandan Batalyon Infanteri 10 Marinir akan selalu berganti untuk penyegaran dan regenerasi yang baik. Namun Batalyon Infanteri-10 Marinir/SBY akan tetap ada di Batam, maka dari itu jaga nama baik pribadi dan Satuan

"Kepada prajurit saya harapkan dukung secara totalitas Danyon yang baru, jadilah prajurit Korps Marinir yang profesional, berkarakter yang baik dan dicintai rakyat," ujar Carles.

Letkol Marinir Carles mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Batam, TNI, Polri dan intansi pemerintah yang lain, serta masyarakat Kepri, khususnya kepada warga Batam, yang telah bekerja sama dan berkoordinasi yang sangat baik selama ini.

Editor: Yudha