Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rem Bergetar Saat Diinjak, Pertanda Disk Brake Bermasalah
Oleh : Redaksi
Senin | 11-12-2017 | 11:50 WIB
rem-cakram.jpg Honda-Batam
Ilustrasi - Disk Brake (rem cakram). (wikipedia.org)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jika ada getaran pada pedal rem Anda saat dipijak, bisa jadi piringan atau disk brake sudah bergelombang. Sebelum pemilik kendaraan mengganti ke piringan yang baru, membubut piringan rem itu bisa jadi solusi sementara.

"Itu karena permukaan disk brake sudah tidak rata. Jadi bisa dibubut, permukaan dialusin lagi," kata General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Tak hanya untuk kendaraan roda empat, solusi ini juga berlaku untuk kendaraan roda dua.

Namun, sebelum membubut, pemilik kendaraan harus memerhatikan ukuran ketebalan disk brake.

Ia mencontohkan, untuk mobil seperti Innova ketebalan minimal adalah 25 mm. Sedangkan, pada posisi baru jumlah ketebalan 28 mm.

"Cuma secara minimal itu 25 mm ya. Ya pokoknya saat kita bubut jangan di bawah itu ketebalannya," ujarnya.

Baiknya, pemilik kendaraan segera melakukan perbaikan jika sudah kendaraannya sudah menunjukkan tanda-tanda piringan rem bergelombang.

Jika dibiarkan hal ini akan beresiko membuat pengereman tidak sempurna. Selain itu, 'penyakit' ini bisa jadi merambat ke komponen lain.

"Jadi panas, lalu baut roda kejepit. Terus kampasnya harus diganti. Piston untuk menekan kampas harus ikut diganti. (Itu) kalau sudah parah ya," kata Iwan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli