Tagana Kepri Bantu Korban Banjir Pacitan
Oleh : Ismail
Jum\'at | 08-12-2017 | 16:38 WIB
Tagana-Baksos-Pacitan1.gif
Anggota Tagana Kepri sedang melaksanakan bakti sosial di Pacitan Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pacitan - Puluhan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Kepuluan Riau turut andil dalam memberikan bantuan sosial bagi korban bencana banjir di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Bantuan bakti sosial (baksos) di lokasi banjir tersebut dilaksanakan selama 2 hari pada Kamis (7/12/2017) dan Jumat (8/12/2017).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kepri, Doli Boniara mengatakan, selain bentuk kepedulian sesama, terlibatnya Tagana Kepri dalam kegiatan Kemensos ini menunjukan adanya komunikasi yang dibangun dengan baik. Terlebih, Kepri yang membuat terobosan dengan mendapuk adanya Bunda Tagana Provinsi Kepri dinilai menjadi pelopor oleh Kemensos.

"Tagana memiliki peran yang strategis dalam membantu penanganan bencana alam. Meskipun sifatnya sukarelawan, tetapi kontribusinya nyata," sebut Doli.

Ia menambahkan, hakekat dari tujuan penanggulangan bencana adalah untuk mengurangi resiko dan menekan dampak bencana terhadap masyarakat. Atas dasar itu, Tagana adalah barisan masyarakat yang terlatih dalam menghadapi berbagai bencana.

"Kita akan terus memperkuat peran Tagana. Yakni dengan merekrut personil untuk dilatih setiap tahunnya. Apalagi adanya Bunda Tagana, tentu menjadi spirit bagi kita untuk berbuat yang terbaik," tutup Doli.

Melalui kegiatan selama dua hari, harap mantan Pj Bupati Bintan tersebut, hendaknya dipergunakan dengan optimal untuk membantu pemulihan lokasi paska banjir. Masih kata Doli, melalui kegiatan itu juga bisa membangun komunikasi yang kuat dengan tagana-tagana dari daerah lainnya.

"Dalam setiap persoalan bencana alam, Tagana dikenal cepat dalam memberikan respon. Sehingga membantu tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," harapnya.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI