Enam Desa di Lingga Belum Cairkan DD Tahap II
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 08-12-2017 | 15:02 WIB
dana-desa12.gif
Dana Desa. (Foto: RiauSky)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Enam desa di Kabupaten Lingga hingga Jumat (8/12/2017) masih belum mencairkan Dana Desa (DD) tahap II. Enam desa itu yakni Desa Rejai, Desa Resang, Desa Berhala, Desa Limbung, Desa Pantai Harapan dan Desa Baran.

"Dari 75 desa, tinggal 6 desa yang belum mencairkan DD tahap II. Itu mungkin Senin ini lah proses pencarian mereka," kata Said Asy'ari, Kabid Pemerintah Desa di DPMDes Lingga.

Ia menjelaskan, belum cairnya anggaran DD tahap II dari ke enam desa tersebut dikarenakan masih belum melakukan proses adminitrasi di DMPDes Lingga. Sehingga tidak bisa melakukan proses pencairan.

"Jadi mereka itu belum memasukkan pengajuan pencairan ke kita. Itu kendalanya. Kita sudah 2 kali menyurati dan menghubungi lewat telpon kepada Kadesnya agar segera memasukan pengajuan itu biar pembangunan di desanya cepat terlaksana," terang pria yang disapa Ari ini.

Namun kata Ari, pihaknya hingga saat ini juga masih juga belum menerima pengajuan. Informasi yang diterim, keenam desa itu baru akan memasukan pengajuan pada Senin (11/12/2017) mendatang.

"Kita dari pihak DMPDes Lingga sudah sering berkomunikasi dan mengajak agar selalu berdampingan dengan pendamping desa dalam setiap proses pencarian. Kalau seperti ini kan mereka juga yang susah, sebab apabila nanti terjadi silpa di atas 30% maka dana desa tahun berikutnye dari desa kena potongan anggarannya sebanyak Silpa tersebut," kata Ari.

Untuk ia berharap kedepan setiap desa yang ada di Kabupaten Lingga ini agar selalu berkomunikasi dan bertanya terkait hal hal yang diperlukan dalam setiap proses pencairan.

Baik itu proses administrasi SPJ kegiatan dan juga syarat yang lainnya agar proses tersebut dapat berjalan sesuai dengan waktunya dan juga proses pembangunan di setiap desa dapat terlaksana dengan baik.

"Kita tekankan kepada setiap desa agar selalu berkomunikasi dengan baik," tutup Ari.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI