Puluhan Buruh Gelar Aksi Damai di Kantor BPJS Kesehatan Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 08-12-2017 | 13:02 WIB
jamkes-watch.jpg
Saat puluhan buruh aksi di Kantor BPJS Kesehatan, Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan buruh, yang tergabung dalam lembaga sosial Jamkes Watch menggelar aksi damai di Kantor BPJS Kesehatan, Batam Center, Kota Batam, Jumat (8/12/2017).

Para pegiat sosial kesehatan itu, menyerukan agar pihak BPJS meningkatkan pelayanan dan mengawasi rumah sakit yang masih enggan menjalankan pelayanan kesehatan nasional. Sebab, ditemukan banyak rumah sakit yang membedakan pelayanan terhadap pasien BPJS.

"Aksi ini bentuk solidaritas terhadap pasien BPJS yang kurang mendapat pelayanan. Banyak rumah sakit yang membedakan pelayanan antara pasien BPJS dan umum," kata Suprapto, Koordinator Jamkes Watch Batam.

Ia menjelaskan, pasien BPJS kerap dipersulit dan diabaikan saat berobat ke rumah sakit mitra BPJS. Ini fakta yang masih terjadi hingga saat ini.

"Kadang pasien BPJS sulit dapat obat. Sementara pasien umum dapat pelayanan prima," ujarnya.

Selain itu, tuntutan juga dilakukan terhadap pelayanan kesehatan pertama, Klinik yang di akomodir oleh BPJS masih melakukan pungutan liar (pungli) kepada pasien. Hal ini sangat merugikan masyarakat Karena jaminan kesehatan melalui kartu BPJS tidak dinikmati oleh masyarakat miskin dengan baik.

Suprapto meminta BPJS harus meningkatkan pelayan dan jangan lari dari permasalahan yang ada. "BPJS jangan lepas tangan. Dari pertemuan tadi, BPJS mengakomodir semua tuntutan buruh. Mereka akan melakukan pembicaraan kepada rumah sakit, klinik dan ikatan dokter yang melakukan pelanggaran," pungkasnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI