KRI Bima Suci Disambut Antusias Ratusan Warga Batam
Oleh : CR-17
Kamis | 07-12-2017 | 16:50 WIB
KRI-Bima-Suci1.gif
Ibu ini terharu bertemu anaknya yang menjadi kadet KRI Bima Suci. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dengan diiringi semangat dan nyanyian dari para kadet Angkatan Laut Republik Indonesia, KRI Bima Suci kapal yang menjadi duta Indonesia di kelautan, tiba di pelabuhan Makobar Batuampar, Kamis (7/12/2017).

Dalam pelayaran, KRI Bima Suci membawa 93 personil dimana 80 taruna dan 13 taruni. Kedatangan kapal pengganti kapal legendaris KRI Dewa Ruci ini, juga disambut dengan antusias tidak hanya personil TNI AL Batam, tetapi juga puluhan warga dan juga anak dari beberapa Sekolah Dasar (SD) yang berada di kawasan Batuampar.

Bahkan, salah satu orang tua dari Taruna yang mengikuti pelatihan di KRI Bima Suci, tampak menangis terharu setelah bertemu dengan anaknya.

Komandan Latihan Letkol Laut (P) Tonny Sundah mengatakan, sejak dirancang tahun 2015 lalu di Spanyol kapal ini sudah melewati lima negara, sebelum akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjong Priok, Jakarta, Kamis (16/11/2017) lalu.

Untuk saat ini kapal beserta seluruh Taruna dan Taruni peserta latih pelaut, akan mengelilingi Indonesia yang dimulai dari Padang, Sumatera Barat, dan baru saja ikut meramaikan Sail Sabang. "Misi jelas, mengingat kapal ini pengganti KRI Dewa Ruci, yang merupakan kapal kebanggaan TNI Angkatan Laut," lanjutnya.

Ia mengingatkan KRI Dewa Ruci yang telah berusia 64 tahun, menjadi kebanggaan karena menjadi duta Indonesia di Perairan Internasional dalam memperkenalkan budaya.

Salah satu siswa SD yang berkunjung ke KRI Bima Suci, Budi menjelaskan ia sangat suka melihat kemewahan kapal tersebut. "Tadi kami diajari tentang GPS, mengendarai kapal, dan juga peralatan canggih lain di kapal. Nanti aku mau jadi anggota TNI," paparnya penuh semangat.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI