Lapas Batam Wacanakan Gelar Kunjungan Terbuka Warga Binaan
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 07-12-2017 | 16:26 WIB
Maulid-Lapas-Batam11.gif
Lapas Barelang gelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hidjriah. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Barelang, Batam akan secara rutin menggelar open house (kunjungan terbuka) setiap bulan bersama seluruh warga binaan.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan warga binaan bersilaturahmi langsung bersama keluarga tapi tetap berada di lingkungan lapas. Biasanya Kunjungan terbuka hanya terjadi pada hari yang tertentu seperti hari raya keagamaan.

Kepala Lapas Kelas IIA Barelang, Surianto mengatakan, wacana tersebut akan dilakukan dengan syarat warga binaan harus menjaga keamanan dan ketertiban selama satu bulan penuh. Selama ini, warga binaan hanya boleh menerima kunjungan di tempat yang telah ditentukan dan dibatasi jeruji besi.

"Jika dalam satu bulan ini tidak ada gangguan keamanan, saya akan buka kunjungan terbuka. Keluarga warga binaan boleh masuk sampai ke dalam lingkungan Lapas dan bebas berintegrasi dengan keluarga mereka," ujar Surianto usai acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas Barelang Batam, Kamis (7/12/2017).

Untuk itu, Surianto berharap kepada semua warga binaan untuk patuh kepada seluruh aturan yang ada dan selalu berbuat baik selama berada di dalam lapas. Sebab di Lapas sekarang cukup banyak fasilitas untuk melakukan kegiatan berbagai hal seperti, kerajinan tangan, kolam lele, ternak ayam, laundry dan lain sebagainya.

"Yang melanggar ada sanksinya, kalau yang berkelakukan baik tentu ada imbalannya. Selain mengajukan remisi, kami pihak Lapas wajib juga memberikan imbalan khusus seperti kunjungan terbuka," ujarnya.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI