Petugas Avsec dan Bea Cukai di Bandara Hang Nadim Panen Kurir Sabu
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 06-12-2017 | 11:02 WIB
sabu-lagi.jpg
Inilah orang yang mau meracuni bangsanya sendiri. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Avsec bersama Bea Cukai di Bandara Hang Nadim panen kurir sabu dalam 10 hari terakhir ini. Setelah mengamankan dua orang kurir pada Senin (4/12/2017), sehari kemudian, Selasa (5/12/2017), kembali membekuk seorang pria pembawa sabu.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (Kabid BKLI BC) Tipe B Batam, Raden Evy Suhartantio, mengatakan, penangkapan itu berdasarkan kecurigaan petugas melihat gerak-gerik para tersangka.

Setelah diperiksa, ditemukan empat bungkus sabu yang dikemas bentuk kapsul seberat 169 gram. Barang terlarang itu disimpan pelaku bernama Anwar Sakda (32) dalam anusnya.

"Tersangka diamankan sekitar pukul 11.00 WIB. Rencananya sabu itu akan dibawa ke Aceh, dengan menaiki pesawat Lion Air," ungkap Evy, Rabu (6/11/2017).

Dari pengakuan pelaku, dia merupakan TKI yang bekerja sebagai buruh bangunan di Malaysia. Sabu itu, juga ia sendiri yang membawa dari Malaysia.

"Pengakuan pelaku, ada yang menawarkan pada dia di Malaysia untuk dibawa ke Aceh. Untuk satu bungkus diupah Rp4 juta," papar Evy.

Pelaku juga mengaku, jadi kurir sabu merupakan kali kedua. "Pertama kali dia berhasil lolos, dan ini yang kedua kali. Untuk proses selanjutnya, sudah kita serahkan pada BNN Provinsi Kepri," pungkasnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI