Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawa 1 Kg Sabu dalam Sepatu, Dua Kurir asal Aceh Ini Ditangkap di Bandara Hang Nadim
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 05-12-2017 | 18:38 WIB
Raden-Evy-Suhartantyo1.gif Honda-Batam
Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (Kabid BKLI KPU BC) Tipe B Batam, Raden Evy Suhartantio (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua orang kurir sabu kembali berhasil diamankan petugas Avsec dan Bea Cukai di Bandara Hang Nadim. Sama dengan penangkapan sebelumnya, dua pelaku yang berasal dari Aceh, tetap mencoba menyelundupkan sabu dengan menyimpan di dalam sepatu.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (Kabid BKLI KPU BC) Tipe B Batam, Raden Evy Suhartantio, mengatakan bahwa penangkapan itu dilakukan kemarin, Senin (4/12/2017).

"Awalnya petugas mengamankan satu orang bernama M Isa (29), warga Aceh. Ia berniat membawa sabu itu ke Surabaya. Petugas menemukan empat paket sabu seberat 406 gram di dalam sepatu yang ia kenakan," ungkap Evy, Selasa (5/12/2017).

Dari pemeriksaan yang dilakukan, Isa awalnya mengaku hanya sendirian, namun begitu pemeriksaan intensif dilakukan, akhirnya ia mengaku bersama temannya bernama Azhar (22).

"Dari keterangnnya, anggota langsung melakukan pengecekan penumpang dengan nama yang sudah dikantongi. Ternyata benar ada seorang penumpang yang sudah masuk tapi belum berangkat," lanjut Evy.

Begitu dilakukan pemeriksaan fisik, juga ditemukan sabu di dalam sepatunya seberat 610 gram sabu. Sehingga, total keseluruhan barang bukti yang diamankan dari dua pelaku sebanyak 1.016 gram atau satu kilogram sabu.

"Dua tersangka itu sudah kita serahkan ke BNN Provinsi Kepri untuk proses selanjutnya," pungkas Evy.

Editor: Udin