Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sektor Pariwisata Anambas Jadi Primadona, Nilai Investasi Tembus Rp 454 Miliar
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 05-12-2017 | 15:26 WIB
Pemandangan-Bawah-laut-Anambas11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pemandangan bawah laut Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi primadona bagi para investor. Pasalnya, hingga saat ini terdata nilai investasi mencapai Rp 454 miliar.

Jumlah investasi Penanaman Modal Asing (PMA) lebih dominan dibandingkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). PMA bernilai Rp 419 Miliar sedangkan PMDN hanya Rp 35 Miliar.

"Sektor wisata lebih dominan dilirik investor. Per November 2017 tercatat Rp 454 miliar nilai investasi untuk bidang pariwisata. Mudah-mudahan, nilai investasi ini tetap meningkat untuk tahun yang akan datang," harap Yunizar, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigran Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (5/12/2017).

Yuni menerangkan, angka investasi Rp 454 Miliar tersebut diketahui ketika sejumlah investor mengurus izin prinsip. Dan pihaknya sudah mencatat 317 perizinan yang diajukan sejumlah investor kepada pemerintah daerah.

"Dana itu belum mengalir ke daerah, karena masih pengurusan izin prinsip. Mungkin setelah beroperasi, kita akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak perusahaan," jelasnya.

Dia mengakui, untuk investor bidang pariwisata dan perikanan, Pemda sendiri berkomitmen siap membantu proses pengurusan izin. "Sesuai arahan Pak Presiden, kita siap membantu investor terkait rencana investasi mereka. Kami tidak ada mempersulit, ini juga keinginan Pak Bupati," jelasnya.

Editor: Yudha