Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Cabai di Bintan Timur Makin Pedas
Oleh : Syajaurul Rusydy
Selasa | 05-12-2017 | 10:27 WIB
cabai-naik.jpg Honda-Batam
Satgas Pangan Bintan saat turun ke pasar memantau harga kebutuhan pokok. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Warga Kecamatan Bintan Timur beberapa hari terakhir ini harus menahan selera untuk mengkonsumsi cabai. Bukan karena pasokan kurang, namun harganya yang semakin pedas.

Hasil penulusuran tim khusus pangan yang dibentuk Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop UKM) Bintan, harga cabai di Kecamatan Bintan Timur mencapai Rp120 per kilogramnya. Harga ini, berbeda dengan harga di Kecamatan Bintan Utara.

"Kita sudah turun ke lapangan, ada perbedaan harga cabai di Bintan Timur dan Bintan Utara," kata Setia Kurniawan, PPNS Disperindagkop UKM Bintan saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Selasa (5/12/2017).

Menurutnya, penyebab harga cabai di Bintan Timur lebih mahal dari Bintan Utara bersumber dari distributor yang berbeda. Di mana, distributor cabai untuk wilayah Bintan Timur berasal dari Tanjungpinang.

"Pengakuan pedagang naiknya harga cabai ini mulai dari distributor. Dalihnya pasokan terhambat dan berkurang," jelasnya.

Sesuai pengakuan para pedagang itu, sambung Setia, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih mendalam. Jika ditemukan adanya permaianan yang menghambat atau yang sengaja menaikkan harga cabai maka akan dilakukan penindakan.

"Jadi jangan main main, sengaja menghambat pasokan cabe. Karena ada undang undang perdagangan yang mengatur di dalamnya. Pidana kurungan 5 tahun serta denda Rp50 miliar," sebut Iwan, sapaan akrab Setia Kurniawan.

"Pedagang dan distributor akan kami awasi terus. Jika sengaja menaikkan harga, pasti kami tidak," tegasnya.

Editor: Gokli