Polisi Berpangkat Ipda Ini 'Menjelma' Jadi Petugas Badan Penanggulangan Bencana Alam Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 04-12-2017 | 19:38 WIB
Pria-berbaju-hitam.jpg
Kanit Reskirim Polsek Bintim, Ipda Anjar Pratama Putara SIK bersama Bhabinkamtibmas Kijang Kota saat membatu membersihkan pohon yang tumbang (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Hari ini, Senin (4/12/2017) sekitar pukul 10.00 WIB terjadi hujan deras, disertai angin kencang di wilayah Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim). Akibatnya, pohon-pohon besar pada tumbang, bahkan ada yang menimpa rumah warga.

Dalam peristiwa itu, sedikitnya ada tiga titik di Kijang Kota yang menjadi sasaran tumbangnya pohon, yakni Kampung Kuala Lumpur, Kampung Barek Betawi. Pohon yang tumbang di dua kampung itu menyasar ke jalan raya, hingga mematahkan tiang listrik yang berada di sekitarnya.

Sementara, di Kampung Sei Datuk, pohon tumbang tepat menimpa rumah seorang lansia, Asmuna (78). Akibatnya, rumah nenek yang hanya tinggal bersama cucu-cucunya itu pun ringsek bagian depan.

"Taaaar.....!!! begitu lah suara pohon saat menimpa rumah, sebelumnya gak tau bunyi apa. Pas dilihat, ternyata pohon sudah nyandar di depan rumah," kata Asmuna, saat ditemui di rumahnya, Kampung Sei Datuk, Senin (4/12/2017).

Setelah hujan reda, Bhabinkamtibmas Kijang Kota bersama sekelompok orang yang mengenakan seragam preman dan petugas DKPP pun datang menghampiri rumah Asmuna untuk membersihkan puing-puing pohon yang menimpa rumahnya itu.

"Tadi setelah hujan berhenti, petugas kebersihan datang bersama Pak Polisi. Mereka langsung membantu menyingkirkan pohon yang tumbang itu," sebutnya.

Setelah selesai dibersihkan, Asmuna mendapat bantuan material, seperti kayu, seng dan sembako dari pria yang mengenakan kaos hitam yang tak lain adalah Kanit Reskrim Polsek Bintim, Ipda Anjar Pratama Putra SIK.



Asmuna pun kaget bukan kepalang, setelah tahu kalau yang berseragan preman itu adalah 'Polisi yang menjelma menjadi petugas Badan Penanggulangan Bencana Alam'.

"Alhamdulilah, diberi bantuan buat betulin rumah, tadinya saya kira yang pakai baju kaos hitam itu petugas Badan Penanggulangan Bencana Alam. Karena dia yang paling semangat motong kayunya. Ternyata setelah selesai baru tau, itu Pak Polisi juga," ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kijang Kota, Brigadir Teddy Saputra mengatakan, tidak hanya rumah Asmuna saja yang dibantu. Namun dua titik yang menjadi sasaran tumbangnya pohon, juga dibersihkannya bersama Kanit Reskrim, bergotong royong memindahkan ranting-ranting pohon.

"Jadi kita bersama Kanit Reskrim dan juga petugas DKPP, pihak PLN serta masyarakat bergoto royong membereskan pohon-pohon yang tumbang itu," kata Teddy.

Di kesempatan itu, Kanit Reskirim Polsek Bintim, Ipda Anjar Pratama Putara SIK, menyampaikan bahwa sudah seharusnya membantu sesama yang membutuhkan tanpa memandang profesi yang disandang, agar jalinan silaturahmi terhadap masyarakat lebih terjalin erat.

"Saya harap dengan bergoto royong, beban yang berat bisa menjadi ringan. Serta hubungan Polri dan masyarakat bisa lebih erat lagi terjalin," harap Anjar.

Editor: Udin