PKP

Universal Batam Gaet Universitas Seni Singapura Perkenalkan Tari Warisan Asia
Oleh : CR-17
Senin | 04-12-2017 | 11:26 WIB
Universal.jpg honda-batam
Perwakilan Sri Warisan Singapura Memberikan Pengarahan Kepada Peserta Workshop. (Foto: Nando Boelan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Universitas Universal menggelar workshop Asian Dance Master Class. Kegiatan yang bekerjasama dengan Sri Warisan Singapura tersebut digelar sejak, Sabtu (2/12/2017) siang untuk memperlihatkan keberagaman tari antar bangsa yang dapat memperkaya keindahan seni tari yang ada selama ini.

Ketua Program Studi Seni Tari Universitas Universal, Melki Neolaka, Senin (4/12/2017) mengatakan, Sri Warisan merupakan satu sanggar tari atau dance studio manajemen ternama di Singapura.

"Mereka Ekspert di bidang seni tradisional di Singapura. Kerja sama ini sebenarnya lanjutan, yang pertama kali justru kami yang berkunjung ke sana. Saya? yang memberikan workshop tentang tubuh tari seorang penari. Bagaimana sih membentuk skill body performance itu. ?Nah, kali ini kunjungan lanjutannya, mereka yang akan memberikan materi soal Asian dance," jelas Melki Neolaka.

Ragam? tarian Asia, akan dipertontonkan dan diajarkan kepada peserta yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Prodi Seni Tari, juga perwakilan beberapa sanggar tari yang ada di Batam. "Nanti akan dibawakan tari India, Singapura, Tiongkok, Filipina, dan Thailand. Ada sepuluh kali pertemuan, jadi semacam dance camp. Tahap awal tiga kali pertemuan dulu. Secara bertahap mereka akan belajar bagaimana negara tetangga punya kebudayaan," ucap dia.

?Nanti selanjutnya akan digelar lagi pada periode Januari 2018.

Melki menyebutkan, di akhir pertemuan ke-10, para peserta yang justru akan perform langsung mengenai pembelajaran yang sudah mereka dapatkan.

Acara sendiri dibuka dengan seremoni penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Universal dengan Sri Warisan Som Said Performing Art Singapore.?

Melki menuturkan sengaja mengikutsertakan perwakilan sanggar seni yang ada di Batam, untuk berbagi ilmu baru. "Inikan keberuntungan juga untuk mereka, bisa belajar materi teknik asia," ujarnya.

?Sementara itu, humas Universitas Universal, Antoni Suparno menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan Prodi Seni Tari Universitas Universal bisa menjadi? show case rujukan bagi para sanggar tari di Kepri.

"Kami satu-satunya universitas yang punya Prodi Seni di Kepri. Sebenarnya ini peluang emas untuk masyarakat lokal," kata Antoni.

Editor: Gokli