Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

INASGOC Paparkan Kesiapan di Asian Games di Jakarta-Palembang
Oleh : Harjo-Freddy
Sabtu | 02-12-2017 | 17:38 WIB
jokowi_dan_asian_games.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Olahraga Imam Nahrowi dan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Eric Thohir. (Foto: Inasgoc)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir menyatakan peresmian empat venue di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) oleh Presiden RI Joko Widodo memberikan semangat baru kepada Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

Presiden Joko Widodo, Sabtu (2/12/2017) meresmikan lapangan hoki, lapangan sepakbola ABC, lapangan panahan, serta stadion renang akuatik Gelora Bung Karno, yang semuanya menghabiskan dana Rp 370 miliar.

"Saya ingin cepat saja. Dengan mengucap syukur dan bismillahirahmannirohim, lapangan hoki, lapangan panahan, lapangan ABC, dan stadion renang akuatik Gelora Bung Karno, saya nyatakan diresmikan. Terima kasih," ucap Presiden Jokowi.

Saat ini, tersisa waktu sembilan bulan menuju Asian Games 2018. Waktu yang tidak sampai setahun ini dijadikan momen penting INASGOC untuk menyebarkan informasi menyeluruh atas kesiapan Jakarta dan Palembang dalam menggelar pesta olahraga bangsa Asia tersebut.

Untuk itu perhelatan 2018 Asian Games Media and Journalist Forum (AGJMF) yang berlangsung, 27-28 November di Jakarta dan Palembang merupakan momen yang tepat untuk memperlihatkan secara langsung kepada 50 perwakilan media dari 22 negara Asia dan sekitar 91 wartawan nasional mengenai sejauh mana persiapan tuan rumah Asian Games ke-18 yang akan bergulir tahun depan.

"Kami memastikan perwakilan media mendapatkan layanan yang memadai selama penyelenggaraan Asian Games, karena media berperan penting untuk meningkatkan arti penting kejuaraan multievent ini," ujar Ketua Pelaksana INASGOC, Erick Thohir di Jakarta, Senin (27/11/2017) lalu.

Pembukaan forum tersebut juga dihadiri Tony Mariadass, Member of OCA Media Committee. Dalam sambutannya, Tony menyatakan kegiatan AGMJF sangat penting untuk memberikan informasi terkini yang berkaitan dengan kepentingan media Asia yang akan mengabarkan perhelatan ini ke seluruh dunia.

"Ini kesempatan yang besar bagi media Asia untuk melihat sejauh mana kesiapan Jakarta dan terutama Palembang dalam menggelar event besar Asia ini. Apalagi saya juga baru pertama kali ke Palembang dan saya melihat bagaimana kesiapan yang sudah dilakukan. Saya seperti wartawan yang hadir di forum ini, menantikan Jakarta dan Palembang melaksanakan ajang ini dengan sukses," ungkap Tony.

Dalam forum tersebut, media mendapatkan laporan mengenai kesiapan venue di Jakarta dan Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan, layanan penyiaran untuk media televisi, sistem akreditasi, akomodasi, dan transportasi.

"Kami telah bekerja sama dengan pihak-pihak yang bekerja sama dengan Dewan Olimpiade Asia dalam bidang teknologi informasi, yakni SsangYong dan IGBS untuk bidang penyiaran," tambah Erick tentang layanan informasi bagi media peliput Asian Games.

Sementara itu, saat mengunjungi Palembang dan dijamu makan malam oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, para awak media juga mendapatkan gambaran komplet tentang kesiapan JSC, serta sarana infrastruktur berupa layanan Light Rail Transit (LRT).

"Selamat datang di Palembang. Silahkan menyaksikan sendiri besok di Jakabaring. Anda akan menyaksikan bagaimana Palembang sudah jauh lebih siap berkat pengalaman menggelar banyak event olahraga internasional. Kami siap menyambut Anda semua saat Asian Games nanti," ungkap Alex Noerdin.

Editor: Dardani