Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Natal dan Tahun Baru

DPMPTSP-P Lingga Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman Pasca Terbakarnya Pasar Daik
Oleh : Bayu Yiyandi
Sabtu | 02-12-2017 | 14:50 WIB
Aktivitas-pedagang-Lingga1.gif Honda-Batam
Aktifitas bongkar muat barang dagangan di Daiklingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSP-P) Kabupaten Lingga memastikan kestabilan harga dan stok kebutuhan pokok jelang Natal dan tahun baru pasca terbakarnya Pasar Daik beberapa waktu lalu.

Kepastian itu menyusul hasil pantauan di lapangan oleh DPMPTSP-P Lingga beberapa hari belakangan ini. Meski ditemukan sudah ada beberapa pedagang yang menaikkan harga sejumlah kebutuhan pokok secara sepihak.

"Untuk saat ini masih aman. Karena kita juga sudah melakukan beberapa upaya dengan mendata pemasok sembako dan barang barang keperluan harian yang masih dapat beraktivitas perdagangan seperti sebelum terjadi nya kebakaran. Seperti pak atong salah satu korban kebakaran yang saat ini sudah mulai lagi berjualan didekat lokasi DPMPTSP-P rumah saudaranya," kata Raja Fahrurrazi, Kepala DPMPTSP-P Lingga kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (02/12/2017).

Raja Fahrurrazi mengatakan, pihaknya juga telah mendatangi beberapa pedagang eceran toko sembako setempat yang tidak ikut terbakar agar mereka tidak menaikan harga sembarangan dan secara sepihak tanpa ada sebab dan alasan yang pasti.

"Kita sudah datangi mereka dan meminta agar sembako di pasokknya dari Dabo dan Pancur. Sebab di pasar Daik kan tidak bisa. Dan seterusnya itu tetap kita pantau," terang Fahrurrazi.

Ia juga telah minta bantuan Disperindag Provinsi untuk membantu Kabupaten Lingga dalam pemasukan kebutuhan pokok agar tidak menipis.

"Kemarin sudah ada kebutuhan harian dari Provinsi yang sampai di Daik. Rencana nya mereka akan mengirim lagi sedikitnya 4.5 ton sembako dan kebutuhan harian ke Lingga. Mereka berkerjasama dengan LPM Lingga yang akan membuka pasar baru," ungkapnya.

Ia juga kembali mengimbau kepada pedagang agar tidak memanfaatkan keadaan ini pasca terbakarnya pasar Daik dan juga jelang Natal dan tahun baru serta ditambah memasuki musim angin barat yang kencang untuk menaikan harga demi kepentingan pribadi.

Dan kepada pihak pedagang yang terkena musibah ia berpesan untuk bangkit kembali berdagang walaupun tidak lagi berada dilokasi sebelumnya.

"Silahkan berdagang seperti biasa walaupun ditempat lain. Manfaatkan jaringan perdagangan selama ini dan langganan konsumen jangan teputus. Insyaallah ekonomi kita akan bangkit kembali," tutupnya.

Editor: Yudha