Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggaran Dinas Pendidikan Dialokasikan 26 Persen di APBD 2018
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 30-11-2017 | 19:38 WIB
Paripurna-APBD-Kepri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salam komando Gubernur dan Ketua DPRD Kepri (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dari total anggaran sebesar Rp3.594 triliun tersebut, pihak eksekutif dan legislatif telah sama-sama sepakat untuk mengalokasikan sebesar 26 persen atau Rp934 miliar untuk sektor pendidikan termasuk gaji.

Bahkan jika dihitung-hitung, mengingat banyaknya program pendidikan yang harus digesa dan perlunya memaksimalkan pembangunan SDM, maka untuk sektor pendidikan akan dimaksimalkan lagi penganggarannya di APBDP nantinya.

Setelah sektor pendidikan, prioritas lainnya adalah sektor kesehatan. Untuk tahun 2018 Pemerintah Provinsi Kepri bersama DPRD Kepri mengalokasikan anggaran kesehatan sebesar 10,5 persen atau Rp59,265 miliar.

Selain itu disepakati juga untuk anggaran program prioritas pembangunan dalam rangka menyukseskan nawacita Presiden RI, membiayai penataan Pantai Gurindam Tanjungpinang dan beberapa program prioritas yang tertunda pelaksanaannya di tahun sebelumnya.

Gubernur Kepulauan Riau, H. Nurdin Basirun, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua dan para anggota DPRD yang telah bersungguh-sungguh melakukan pembahasan Ranperda APBD Kepri 2018 siang dan malam, hingga akhirnya bisa disahkan di akhir November. Hal ini jelas lebih cepat dari target semula yang selambat-lambatnya di pertengahan Desember.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran ketua dan anggota DPRD Kepri yang telah melakukan pembahasan siang dan malam hingga Perda APBD yang kita nantikan ini disahkan. Semoga kita semua senantiasa dilimpahi kesehatan dan kekuatan, sehingga bisa terus mewujudkan pembangunan di Kepri dalam rangka menyejahterakan masyarakat Kepri," kata Nurdin.

Adapun Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak pada akhir sidang berpesan kepada Gubernur agar APBD Kepri 2018 yang sudah disahkan ini bisa dikawal pembahasannya di tingkat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) serta segera dikoordinasikan jika ada penyesuaian-penyesuaian selanjutnya.
 
“Pengesahan APBD ini diawali melalui pembahasan yang panjang antara tim Banggar DPRD bersama Pemprov Kepri. Dan akhirnya kita sama-sama menyepakati nilai APBD Kepri 2018 sebesar Rp3,594 triliun. Semoga apa yang kita putuskan ini bisa benar-benar membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kepri dan diridhai oleh Tuhan Yang Maha Esa," tutup Jumaga.

Editor: Udin