Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BWS Klaim Penanganan Banjir di Jalan Pemuda Tanjungpinang Berhasil Kurangi Rasio Air
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 28-11-2017 | 11:26 WIB
Ka-BWS.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BWS Kawasan Sumatera Wilayah Empat, Ismail Widadi. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Balai Wilayah Sungai Sumatera Wilayah 4 yang menangani masalah banjir di Jalan Pemuda, Tanjungpinang, mengaku telah berhasil mengurangi rasio air saat banjir melanda wilayah tersebut. Tugas mereka pun selesai pada akhir tahun dengan prestasi mengurangi rasio banjir dari tinggi 90 cm pada Mei tahun 2016, sementara saat ini telah turun menjadi 10 cm.

Kepala BWS, Ismail Widadi mengatakan, selain rasio air saat banjir berkurang, proses penyerapannya pun begitu cepat. Di mana saat pemantauan awal pada Mei 2016 itu, Ismail mengatakan air tinggi sekitar 90 cm tersebut akan surut selama 3 jam, namun saat ini hanya 15 menit.

"Jadi memang efek usaha kota sangat baik dan signifikan, di mana dampak banjir berkurang, tinggi air berkurang dan proses penyerapannya juga lebih cepat, hanya 15 menit," kata Ismail, Senin (27/11/2017).

Ismail menegaskan bahwa, akhir tahun ini pekerjaan pihaknya akan selesai. Selanjutnya, BWS akan fokus kepada pekerjaan lain dan di wilayah lain pula di Provinsi Kepulauan Riau.

"Tahun ini kita selesai, penanganan banjir selanjutnya tanggung jawab bersama. Meski selesai, kami juga tidak akan tinggal diam. Kita akan terus lakukan evaluasi," kata Ismail.

Ismail mengatakan, pekerjaan yang telah dilakukan pihaknya untuk mengurangi rasio banjir tersebut antara lain, telah memperdalam saluran drainase, melebarkan drainase yang sempit dan meninggikan saluran untuk jangka panjang.

Editor: Gokli