Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Modal Tekad, Semangat, Pengalaman dan Banyak Teman

Membangun Stadiun Jakabaring untuk Asian Games 2018
Oleh : Harjo-Freddy
Selasa | 28-11-2017 | 08:00 WIB
alex_nurdin.jpg Honda-Batam

PKP Developer

H. Alex Nurdin Gubernur Sumatera Selatan melayani pertanyaan wartawan di Arya Duta Hotel Pelembang. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Palembang - Tekat semangat, pengalaman dan banyak teman adalah modal utama dalam membangun seluruh fasilitas olahraga yang ada Stadium Jakabaring Sport City, dalam rangka untuk persiapan menjadi tuan rumah pelaksanaan event Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

Bagaimana tidak, fasilitas olahraga yang dibangun untuk kesiapan event tersebut, dilahan sekitar 66 hektar disulap dalam waktu 11 bulan saja, termasuk fasilitas untuk menampung dengan jumlah atlet hingga sekitar 6000 atlet. Walau pun saat ini, sebagian masih dalam tahap pembangunan, namun hal tersebut di yakini akan selesai tepat waktu.

Wartawan BATAMTODAY.COM, Harjo dan Fredy dari Palembang Sumatera Selatan berkesempatan meliput pemaparan Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Nurdin di hadapan ratusan wartawan luar dan dalam negeri, Senin (27/11/217) malam.

Pada kesempatan itu, Alex mengungkapkan, dalam rangka menyiapkan fasilitas untuk pelaksanaan Asian Games yang akan diselenggarakan pada 2018 mendatang. Selain, sedang membangun sejumlah fasilitas yang ada di stadion Jaka Baring atau Jaka Baring Sport City. Saat ini, sejumlah pembangunan hotel juga masih terus dipacu.

"Saat ini, beberapa hotel sedang dalam proses pembangunan, selain fasitas penunjang lainnya, itu kelebihan Palembang bila di bamdingkan dengan daerah lainnya. Termasuk, fasilitas Bandar Udara (Bandara) Sultan Mahmud Badarudin II juga terus dikembangkan," ujar Alex Nurdin.

Stadion Jaka Baring dibangun dan dikembangkan juga sebagai fasiltas para atlet, guna mempermudah atlet dalam melakukan aktivitas baik latihan atau tanding, tidak memakan waktu lama, bahkan cukup dengan jalan kaki. sSelain itu, tempat perbelanjaan untuk kebutihan atlet, juga beroperasi 24 jam. Termasuk transportasi akan disiapkan, apa bila memang dibutuhkan.

"Stadion Jaka Baring adalah tempat yang sangat nyaman bagi atlet. Karena dengan lagan selaus lebih dari 66 hektar, dilengkapi dengan fasilitas olahraga," katanya.

Di Palembang, selain salah satu tempat pelaksanaan Sea Games, juga sebanyak 57 negara Islam pernah berkumpul di Palembang, dalam pelaksanaan semua berjalan dengan damai. Dari sisi lainnya, priode 2011-2017, sebanyak 39 event olahraga sudah dilaksanakan, baik tingkat Asia, Asia Fasifik.

"Tidak perlu khawatir, baik dengan fasilitasnya. Begitu Sumsel juga zero konflik,tidak terjadi dan tidak akan terjadi komflik antar umat dan antar agama. Kalau terkado Demo itu biasa tapi tidak anarkis," imbuhnya.

Apa kunci sukses Gubernur Alex menyelenggarakan berbagai event internasional? "Semuanya bisa berjalan dengan baik, jelas modalnya dengan tekat, semangat, pengalaman serta banyak teman," tegasnya.

Alex Nurdin menyampaikan, seandainya dia masih lebih muda dan masih ada waktu, barangkali akan menargetkan jadi ruan rumah pelaksanaan event Olimpiade. Namun, 2019 pelaksanaan Motor GP untuk pertamakali di Indonesia diadakan di Jakabaring, semua pembangunan untuk terus meningkatkan saeana olahraga akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

Mulai 4 bulan lalu, masih kata Alex Nurdin, Jakabaring Sport City sudah ditangani oleh tenaga yang profesional dan dikelola secara profesional, hal tersebut, jelas akan mengembalikan yang sudah ditanamkan.

"Semangat dalam membangun tidak ada unsur politik, karena olahraga atau sport, jelas perlu sportif, tidak bisa dilakukan dengan lamban alias lelet, mesti cepat dan keras, untuk menyulap lahan hingga menjadi fasilitas olahraga yang menjadi salahsatu fasilitas olahraga terbaik di dunia.

Tidak hanyan itu, Alex Nurdi juga menyampaikan, di dalam stadion olahraga yang bertarap internasional ini, juga udah didirikan Poltek Olahraga oleh Kemnpora RI, dengan tiga program studi, diantaranya manajemen industri olahraga. Guna menciptakan event olahraga secara terus menerus dan berkesinambungan.

Editor: Dardani