Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Google Tambahkan 40 Bahasa Baru di Aplikasi 'Gboard'
Oleh : Redaksi
Sabtu | 25-11-2017 | 09:56 WIB
papan-ketik-google.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi - Gboard. (dok. Courtesy of Google)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gboard, aplikasi papan ketik buatan Google, menambahkan 40 bahasa baru untuk kibotnya itu. Penambahan bahasa baru ini termasuk untuk bahasa yang tidak menggunakan bahasa Latin, seperti bahasa Jepang dan Mandarin.

Sehingga, saat ini Gboard sudah mendukung lebih dari 120 bahasa sejak pertama meluncur pada Desember 2016.

Gboard juga menambahkan tombol khusus untuk mengakses stiker. Sebelumnya, stiker bisa digunakan jika pengguna sudah menginstal Allo. Allo adalah layanan pesan instan baru punya Google, seperti disebutkan Android Police.

Kelebihan yang dimiliki Gboard tidak hanya terpusat pada sticker dan banyaknya jumlah bahasa yang tersedia. Kibor ini juga punya fitur untuk saling berkirim GIF, fitur yang berpusat pada emoji, hingga mengetik dengan suara, seperti disebutkan Engadget.

Kolom 'search' yang tersedia dalam kibor berada pada sebelah kanan, yang memungkinkan kita untuk mencari apapun menggunakan mesin pencari Google.

Selain itu, untuk fitur audio Gboard menyediakan 'voice typing' yang mempermudah pengguna untuk memakai suaranya dan membiarkan papan ketik tersebut mengetik kata-kata yang diucapkan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli