Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arus Laut Kuat, BMKG Karimun Imbau Nelayan Ekstra Waspada
Oleh : Wandy
Kamis | 23-11-2017 | 17:02 WIB
Hujan-Karimun1.gif Honda-Batam
Tanjungbalai Karimun dilanda hujan deras. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COOM, Karimun - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun menganalisa kondisi cuaca kurang bersahabat akan terjadi di Karimun. Diimbau masyarakat agar hati-hati menjalankan aktivitas di luar ruangan.

Pradita Ditus selaku Forecaster BMKG Karimun menjelaskan, Karimun berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada tanggal 24-25 November 2017.

"Prakiraan cuaca untuk hari Jumat dan Sabtu pagi akan terjadinya hujan petir. Sada hari akan terjadi hujan lokal di beberapa wilayah, pada malam hari cerah berawan, dan subuh Dini hari akan terjadi hujan lokal," kata Paradita saat dihubungi BATAMTODAY.COM melalui whatsapp, Kamis (23/11/2017).

Dia juga menjelaskan kondisi gelombang dan arus di Perairan Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Karimun akan adanya pusaran angin siklonik yang dapat menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin (konvergensi). Hal ini mendukung proses pertumbuhan banyak awan, sehingga akan menambah potensi pertumbuhan awan-awan konveksi yang dapat menyebabkan hujan.

"Diimbau kepada masyarakat yang ingin melaut agar dapat lebih berhati-hati karena arus laut yang cukup kuat. Sementara di darat untuk masyarakat diharapkan lebih berhati-hati karena kemungkinan akan terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat," ujarnya.

Editor: Yudha