Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timbulkan Kemarahan, Blogger Israel Ini Upload Foto di Masjid Nabawi, Madinah
Oleh : Redaksi
Kamis | 23-11-2017 | 10:50 WIB
bloger-Israel.jpg Honda-Batam
Ben Tzion menuturkan orang-orang yang ditemuinya di negara-negara Muslim bersikap

BATAMTODAY.COM, Arab Saudi - Foto yang tampak menunjukkan seorang warga negara Israel berada di Masjid Nabawi, Medinah, Arab Saudi menimbulkan kemarahan di media sosial.

Pasalnya, kalangan non-Muslim tidak dibolehkan memasuki masjid yang pada awalnya dibangun oleh Nabi Muhammad di kota suci kedua bagi umat Islam itu.

Warga negara Israel yang diduga berada di dalam masjid dan mengambil foto serta video tersebut bernama Ben Tzion, 31.

Sejatinya pria itu adalah orang Yahudi kelahiran Rusia yang menjadi warga negara Israel pada tahun 2014. Media Israel melaporkan Tzion adalah seorang blogger.

Dalam foto yang diunggah di akun Facebooknya, ia tampak berdiri di Masjid Nabawi, salah satu tempat yang paling disucikan bagi umat Islam.

"Rakyat Arab Saudi akan berdiri berdampingan dengan bangsa Yahudi," katanya dalam unggahan di Facebook yang disertai foto dirinya memperagakan tarian pedang dengan mengenakan pakaian tradasional sebatas tumit yang dikenal dengan nama "thobe".

Berkunjung 'ke negara musuh'

Selain foto-fotonya di Masjid Nabawi, Tzion, juga mengunggah foto-fotonya yang disebut diambil ketika mengunjungi tempat-tempat suci di Iran, Lebanon, Yordania.



Di Iran, ia berkunjung ke Teheran dan Qom. Israel dan Iran tercatat sebagai negara yang bermusuhan dan warga negara Israel dilarang masuk ke wilayah Iran.

"Perdamaian di Timur Tengah dengan sikap saling menghormati dan mencintai," katanya dalam unggahan lain.

Dikatakan oleh Ben Tzion, seperti dikutip koran Israel, The Times of Israel, bahwa ia melakukan kunjungan ke tempat-tempat suci sebagai "seorang kawan" dan menekankan bahwa ia "menghormati Islam dan dunia Islam".

Ditambahkannya ia melakukan kunjungan ke negara-negara Muslim sebagai "hobi".

"Tak seorang pun di negara-negara Arab pernah mendekati saya dengan rasa permusuhan," tuturnya.

"Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka mencintai Israel dan orang-orang Yahudi."
Dihebohkan di media sosial

Ditambahkannya dalam kunjungan ke negara-negara tersebut ia menggunakan visa resmi dan memasuki tempat-tempat suci secara resmi pula. Namun ia tidak menyebut nama negara yang mengeluarkan paspor yang digunakan untuk kunjungan-kunjungan itu.

Kehebohan foto Ben Tzion di Masjid Nabawi terjadi ketika hubungan antara Israel dan Arab Saudi dianggap membaik secara signifikan.

Beberapa hari lalu, Panglima Angkatan Bersenjata Israel, kepada situs berita swastae Saudi, Elaph, mengatakan bahwa Israel siap berbagi "informasi intelijen" dengan Arab Saudi.

Wawancara panglima itu dilaporkan sebagai wawancara pertama yang pernah ia berikan kepada media Arab Saudi.

Walaupun mengungkapkan ekspresi perdamaian, unggahan Tzion ditanggapi dengan kemarahan di media sosial.

Tagar bahasa Arab "Seorang Zionis di Masjid Nabi" digunakan lebih dari 90.000 kali selama 24 jam terakhir.

"Para cendekiawan berada di penjara dan orang-orang Zionis berada di Masjid Nabi. Menyedihkan," demikian komentar seorang pengguna Twitter dalam bahasa Arab.

"Di era Al Saud (keluarga kerajaan Saudi), Zionis yang melakukan pendudukan, musuh-musuh Islam dan Muslim… mengotori masjid Nabi," kata pengguna lainnya.

Di platform Instagram, menurut koran Times of Israel, dikarenakan banyaknya komentar berbau kemarahan, platform berbagi foto itu memutuskan untuk menutup sementara akun Tzion.

Banyak simpatisan kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) juga menggunakan tagar di aplikasi pesan Telegram, platform media sosial ISIS, untuk meluapkan kemarahan.

Salah seorang pendukung ISIS menyambut tagar yang menyebar luas itu dan ia pun turut menyebarkan foto Ben Tzion.

Sumber: BBC
Editor: Udin