Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Sejarah Singkat Foto Selfie
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-11-2017 | 09:26 WIB
penemu-selfie.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Hak atas foto Getty Images

BATAMTODAY.COM, Paris - "Hari ini, 11 tahun yang lalu, saya & Britney menciptakan selfie!" cuit Paris Hilton di Twitter pada hari Minggu (19/11/2017), sambil mengunggah foto keduanya dari tahun 2006.

Tahu-tahu, sebagaimana ditunjukkan oleh sejumlah pengikut mereka di Twitter, baik Paris maupun Britney bukan penemu selfie atau swafoto, sama sekali bukan.

Kenyataannya, Paris Hilton kesiangan 167 tahun untuk menyatakan diri sebagai penemu hal itu.

Jadi sejak kapan swafoto itu dimulai? Dan bagaimana hal itu berkembang sejak ditemukannya fotografi? Beginilah ceritanya.

1839: Robert Cornelius, sang pelopor

Image caption Robert Corneluis mengambil foto dirinya di luar toko lampu miliknya.

Foto selfie tertua dipercaya dibuat oleh seorang laki-laki yang saat itu berusia 30 tahun bernama Robert Cornelius, yang mengambil foto dirinya sendiri di luar toko lampu miliknya di Philadelphia, Amerika Serikat.

Ia terlihat kurang yakin apakah swafoto itu akan berhasil atau tidak. Tak mengherankan, karena saat itu teknologi belum secanggih sekarang, sehingga dia harus mematung selama 15 menit untuk pembuatan foto itu.

1914: Remaja mulai berswafoto

Ah, foto selfie di depan cermin. Saat sebagian besar dari kita menduganya mulai dilakukan awal tahun 2000-an, tengoklah 100 tahun ke belakang dan Anda akan menemukan sejumlah keluarga kerajaan Rusia telah melakukannya.

Putri Anastasia Nikolaevna dari Rusia, putri bungsu Kaisar, mengambil swafoto ini saat berusia 13 tahun.

Dalam surat untuk ayahnya, ia menulis, "Saya mengambil foto diri saya ini melihat cermin. Ternyata sangat sulit karena tangan saya gemetar."

1920: Joseph Byron beraksi

Fotografer dari New York Joseph Byron, mengambil swafoto di atap bangunan pada tahun 1920 bersama teman-temannya (walaupun tidak semua dari mereka tampaknya menyadari di mana kamera berada).

Ukuran kamera tersebut sangat besar dan berat sehingga butuh dua orang untuk menyangganya agar bisa selfie bersama-sama.

1938: Selebritas mulai terlibat

Jauh sebelum para selebritas seperti Kim dan Kylie Jenner memamerkan swafoto depan cermin kamar mandi, selebritas sejati Frank Sinatra adalah orang yang mempelopori gaya tersebut.

Diambil saat usianya 23 tahun, sebelum ia benar-benar terkenal, pria legendaris itu terlihat rapi mengenakan topi trilby sambil memperlihatkan tanda OK dengan jarinya di depan cermin.

1966: Bocah The Beatles sebelum penemuan Instagram

Kita semua tahu orang yang "menemukan diri mereka sendiri" keliling Asia - dan berhasil mengabadikan semua pengalamannya lewat foto selfie.

Nah, itulah yang dilakukan oleh gitaris Beatles George Harrison saat ia pergi ke India pada tahun 1966 dengan lensa mata ikan.

Harus diakui, perjalanan ini berbuah pada keberhasilan band mereka membuat karya-karya musik terbaik sepanjang masa. Jadi George tak bisa terlalu dipojokkan untuk aksi selfie ini.



2002: Kata 'selfie' akhirnya diciptakan

Orang-orang Australia dikenal gemar menyingkat kata-kata dan menempatkan kata "-ie" seperti: "barbie", "tinnie", dan "sunnies."

Jadi tidak mengherankan bila penggunaan kata tentang swafoto ini pertama kali mengemuka di forum online di Australia pada tahun 2002.

Seorang lelaki bernama Nathan Hope memposting foto bibirnya yang pecah gara-gara kecelakaan saat mabuk di sebuah acara ulang tahun ke-21 temannya. Foto itu kurang fokus, tak heran ia sertai dengan tulisan: "maaf tentang fokus-nya, ini merupakan sebuah selfie".

2011: Monyet berfoto selfie

Swafoto yang dilakukan seekor monyet bernama Naruto merupakan hasil karya, kalau bisa disebut begitu, dari fotografer David Slater, yang membiarkan sekelompok monyet bermain-main dengan kameranya.

Foto ini menjadi ajang pertarungan hukum terkait hak cipta, yang pada dasarnya mempermasalahkan siapa yang menekan tombol kamera.

Akhirnya, pengadilan di AS memutuskan bahwa Naruto tidak bisa memiliki hak cipta atas nama dirinya sendiri. Karena dia adalah seekor monyet.

2013: Selfie, kata terpopuler

Sudah bisa diduga.

Tahun 2013 merupakan tahun selfie, dalam kurun waktu setahun para tokoh dunia mengambil foto diri mereka, seperti foto selfie Paus yang menjadi viral. Lalu ada Barack Obama yang dikritik karena berfoto selfie dengan David Cameron dan Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt

Pada tahun ketika selfie bersama Paus jadi viral dan Barack Obama dikecam karena melakukan swafoto bersama PM Inggris waktu itu, David Cameron dan PM Denmark Helle Thorning-Schmidt, kamus Oxford English akhirnya menyebutkan "selfie" sebagai word of the year, kata terpopuler tahun itu.

2014: Ellen DeGeneres pecahkan rekor selfie

Pembawa acara perhelatan Oscar tahun 2014 Ellen DeGeneres, mengatakan ingin mencetak rekor foto paling banyak di-re-tweet.

Berpose bersama para bintang seperti Bradley Cooper, Jennifer Lawrence dan Meryl Streep, keinginannya langsung terwujud.

Ia memegang rekor itu selama tiga tahun sampai akhirnya rekornya dipecahkan awal tahun ini oleh seorang remaja umur 16 tahun yang ingin makan chicken nugget

Sumber: BBC
Editor: Udin