Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMP Vidia Sasana Karimun Lakukan Simulasi UNBK
Oleh : Wandy
Senin | 20-11-2017 | 16:26 WIB
Siswa-SMP1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Siswa Vidia Sasana Karimun mengikuti simulasi UNBK. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Vidia Sasana menggelar simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (20/11) pagi.

Kegiatan simulasi tersebut merupakan langkah persiapan sekolah untuk menghadapi Ujian Nasional tahun ajaran 2017-2018 mendatang.

Simulasi ujian nasional berbasis komputer yang diikuti oleh 40 orang siswa dan siswi SMP Swasta Vidia Sasana dibagi dalam dua sesi pelaksanaan dengan durasi 120 menit.

Kepala SMP Swasta Vidia Sasana Syaiful Bahri mengatakan, dengan dilaksanakannya simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa-siswi untuk lebih siap dalam menghadapi UNBK. Dalam pelaksanaan UNBK merupakan kedua kalinya dilaksanakan sebelumnya pada ujian Nasional 2016-2017.

"Dengan dilaksanakan simulasi ini, setidaknya mereka sudah mengetahui teknis atau cara penggunaan komputer dalam Ujian Nasional nanti, agar nanti pada saat UNBK mereka Bisa secara mandiri mengoperasikan," kata Syaiful diruang kerjanya, Senin (20/11/2017) pagi.

Syaiful mengatakan, pada simulasi tahap I UNBK 2018, pihaknya masih menumpang di labor milik SMK Vidia Sasana. Namun untuk pelaksanaan simulasi tahap II hingga UNBK akan dilaksanakan secara mandiri di SMP Swasta Vidia Sasana.

"untuk UNBK kali ini kita sudah lakukan pembenahan, baik dari instalasinya, jaringan dan pengadaan komputer, dan mudah-mudahan ini dapat terselesaikan sebelum pelaksanaan ujian nasional agar dalam pelaksanaan UNBK dapat secara mendiri dan tidak menumpang di SMK lagi," ujarnya.

Saat ini SMP Swasta Vidia sasana telah memiliki 19 unit komputer, dan rencananya akan dilakukan penambahan secara bertahap, agar pelaksanaan UNBK bisa lebih maksimal lagi.

Persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional 2018, pihak Sekolah sudah mulai memberikan pelajaran tambahan dan Ulangan terjadwal kepada siswa-siswi kelas IX, dan juga akan menggelar tiga kali Try out untuk mengasah kemampuan pelajar dalam menjawab soal- soal ujian.

"Kendala saat ini, kita masih kekurangan fasilitas komputer saja. Untuk permasalahan kesiapan tentu kita siap, karena kedepannya nanti ujian Nasional kertas pensil (UNKP)juga perlahan akan dihapuskan oleh karena itu harus kita persiapkan dari sekarang," tutupnya.

Editor: Yudha