Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lengah Sedikit Langsung Hilang

Maling Motor Masih Terus Menghantui Masyarakat Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 20-11-2017 | 15:14 WIB
Kapolsek-Batuaji-Joko15.gif Honda-Batam
Kapolsek Batuaji Kompol Sujoko. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pencurian sepeda motor (Ranmor) masih marak terjadi di Batuaji. Meskipun sudah banyak yang ditangkap, namun maling kendaraan roda dua itu tetap saja menghantui warga. Lengah sedikit saja saat parkir, sepeda motor akan berpindah ke tangan para pelaku.

Seperti yang dialami oleh Isti Kaban (40) warga Kaveling Mandiri, Sagulung. Dalam hitungan menit sepeda motor Honda Beat miliknya BP 2925 GC hilang saat bertamu ke rumah saudaranya di perumahan Puskopkar, Batuaji, Rabu (15/11/2017) malam.

Aksi pencurian sepeda motor itu diakui Isti berlangsung sangat singkat. Pelaku bisa memanfaatkan waktu korban yang masuk ke dalam rumah saudaranya dalam kurun waktu tidak lebih dari sepuluh menit. "Saya singgah bentar saja di rumah saudara. Saya kunci stang dan terus masuk ke dalam rumah bentar, waktu saya keluar sudah tak ada lagi," ujarnya saat mengadu ke Mapolsek Batuaji.

Karena motornya sudah tak ada lagi, Isti mencoba melakukan pencarian di sekitar rumah saudaranya dan menanyakan kepada warga. Namun, usahanya itu sia-sia. Sepeda motor yang masih dalam kredit itu sudah raib dibawa kabur pencuri. "Tega benar pencurinya. Itu motor satu- satunya untuk berangkat kerja suami saya," ujarnya lagi.

Pelaku kata Istri diduga sudah profesional dan tahu betul cara membuka kunci kontak sepeda motornya. "Kalau orang yang kebetulan saja tak mungkin. Ini kunci loh stang masa secepat itu dia bisa buka," ujarnya lagi.

Dengan adanya kejadian itu, Isti berharap agar pihak kepolisian mengusut tuntas para pelaku ranmor yang cukup meresahkan itu. "Kita cari duit setengah mati buat beli motor eh malah enak-enak dicuri," ujarnya.

Menanggapi laporan itu pihak polsek Batuaji mengaku tetap akan mendalami kasus pencurian sepeda motor itu atau kasus-kasus pencurian sepeda motor lainnya. Namun demikian polisi tetap berharap agar masyarakat pada umumnya lebih waspada lagi kedepannya.

"Jangan beri kesempatan. Kalau rasa-rasa tak aman, tak usa parkir. Cari tempat lain yang aman dan diawasi. Kunci ganda jangan lupa," ujar Kapolsek Batuaji Kompol Sujoko.

Editor: Yudha