Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

580 Jurnalis Ikuti 'Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia 2017'
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 20-11-2017 | 12:38 WIB
pelatihan-wartawan.jpg Honda-Batam
580 jurnalis se-Indonesia ikut pelatihan yang diadakan Bank Indonesia. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 580 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti pelatihan wartawan yang digelar Bank Indonesia di Hotel Hotel Grend Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

Kegiatan pelatihan jurnalis yang digelar Bank Indonesia kali ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya digelar masing-masing kantor perwakilan Bank Indonesia.

Peserta pelatihan ini merupakan wartawan media massa yang berasal dari 34 provinsi dan menjadi stakeholder dari 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia, dan mengikuti pelatihan selama dua hari.

"Kami ucapkan selamat datang kepada 580 jurnalis dari seluruh daerah di Indonesia yang hadir dalam acara 'Pelatihan Wartawan Daerah 2017," ujar Ketua Panitia, sekaligus Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman, dalam sambutannya, Senin (20/11/2017).

Ia mengatakan, dalam rangka menjalankan fungsi sebagai otoritas moneter, sistem pembayaran serta menjaga stabulitas sistem keuangan. Bank Indonesia memandang komunikasi merupakan hak yang penting.

Komunikasi yang lancar, egektif, dan efisien akan membuat transmisi kebijakan Bank Indonesia dapat diterima di dunia Industri, pelaku usaha dan masyarakat secara cepat dan tepat sasaran. Termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi.

"Komunikasi yang lancar, efektif, dan efisien membutuhkan peran serta dari media massa sebagai institusi yang memiliki tugas untuk menyebarkan berita dan informasi yang obyektif dan bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai salah satu pilar demokrasi, media massa juga memiliki peran untuk mengawal kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas," tegasnya.

Atas peran media massa yang besar tersebut, Bank Indonesia memandang penting untuk meningkatkan pemahaman wartawan media massa secara rutin, terutama terhadap fungsi Bank Sentral dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keungan.

Salah satu bentuk nyata dari niat tersebut adalah penyelenggaraan pelatihan wartawan daerah pada 2017, dengan tema 'Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat'.

"Selamat mengikuti pelatihan Bank Indonesia selama 2 hari di Jakarta," katanya.

Asisten Gubernur Bank Indonesia, Dyah Nastiti dalam kata sambutanya mengatakan dalam pelatihan wartawan daerah Bank Indonesia juga sebagai ajang pertemuan, kebersamaan dan memberikan pengalama pengetahuan jurnalis.

"Betapa pentinganya peran media dari lembaga, perusahan dan kehidupan masyarakat. Bank Indonesia tidak bisa hidup tanpa ada media massa," pungkasnya.

Editor: Gokli