Kebun Jambu Biji Merah Marina

Pelajar Batam Diberi Penyuluhan Menanam dan Merawat Jambu Biji
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 15-11-2017 | 13:15 WIB
Pelajar-jambu1.gif
Pelajar sedang mendengar penjelasan dari pengelola Kebun Jambu Biji Merah Marina. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan siswa Sekolah Basic mengadakan kunjungan ke Kebun Jambu Biji Merah, Marina. Selain melihat jambu yang sudah panen dan juga untuk mempelajari cara perawatan dan menjaga tanaman hingga menghasilkan buah yang bagus/unggul.

Penjaga Taman Kebun Jambu Biji Merah menjelaskan, saat kunjungan anak-anak sekolah diajak berkeliling melihat tanaman jambu biji serta buah yang lagi proses panen raya. Selain itu juga menjelaskan cara penanaman dan perawatannya.

"Awalnya kami ajak anak-anak keliling melihat jampu biji yang sedang panen, setelah itu kami kumpulkan anak-anak dan di sanalah kami jelaskan bagaimana penanaman dan dalam perawatan apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman," katanya, Rabu (15/11/2017).

Ia menjelaskan, untuk menghasilkan buah yang baik, tanah pada tanaman harus di gemburkan secara rutin, agar pertumbuhan tanaman sempurna. Selain itu juga dijelaskan, ketika sudah mulai berbunga atau berbuah harus dibungkus agar buah berkembang secara optimal terhindar dari hewan yang bisa menghambat perkembangannya.

"Dalam proses penanaman anak, disuruh langsung menanam sendiri, dan kami menunjukkan benda-benda yang dibutuhkan dalam proses perawatan," terangnya.

Para pelajar juga diajari cara mencangkok tanaman yang baik agar menghasilkan cangkokan berhasil dan berkembang seperti nduknya. "Kegiatan bersosialisasi hanya berjalan selama 2 jam, di sinikan anak-anak bisa bermain sambil belajar," jelasnya.

Dalam kegiatan ini setiap anak dikenakan biaya masuk Rp15.000, mendapatkan free satu cup jus jambu biji merah.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI