Berlian Terbesar Dunia Dilelang Seharga 34 Juta USD
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-11-2017 | 13:02 WIB
berlian-besar-dunia.jpg
Foto ini diambil pada 3 Oktober 2017, menunujukkan sebuah kalung dengan berlian warna D sempurna berukuran 163,41 karat. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

BATAMTODAY.COM, Jenewa - Balai lelang Christie melelang sebuah berlian terbesar dengan harga hampir menyentuh 34 juta dolar Amerika Serikat atau Rp460,4 miliar, Selasa (14/11/2017) di Swiss.

Berlian itu memiliki ukuran 163,41 karat dengan warna D sempurna. Warna D adalah kelas warna tertinggi berlian, yang menunjukkan bahwa batu tersebut sama sekali tidak berwarna, dan sangat langka.

Dilansir dari AFP, Rabu (15/11/2017), berlian berbentuk kalung yang juga dihiasi dengan zamrud itu dinamai The Art of Grisogono, menandai harga rekor dunia baru untuk sebuah berlian warna D.

Juru Lelang Balai Christie, Rahul Kadakia mengatakan, penawaran yang berlangsung cepat itu dibuka dengan harga Rp273,9 miliar.

Kemudian, seorang anonim via telepon berani untuk menghargai berlian tersebut jauh di atas harga awal.

Warna D tipe 11A diambil dari batu kasar sebesar 404 karat yang ditemukan di Angola, Afrika Tengah, pada Februari 2016. Batu berlian itu menduduki peringkat ke-27 terbesar dunia yang pernah ditemukan.

Batu tersebut kemudian dibawa ke Antwerp untuk dianalisis dan dipotong di New York. Sebuah tim terdiri dari 10 spesialis pemotong berlian terlibat dalam memoles batu kasar raksasa itu.

Kemudian, tim ahli perhiasan mewah dari Swiss de Grisogono membuat 50 desain berbeda untuk membentuk berlian sebesar 163,41 karat. Akhirnya, desain kalung asimetris dengan sebuah batu sebagai pusatnya terpilih untuk dikerjakan.

Sisi kiri kalung itu terdiri dari 18 berlian zamrud, dan sisi kanannya terdiri dari dua baris zamrud berbentuk pir.

Beberapa orang mengharapkan The Art of Grisogono dapat dibeli dengan harga yang lebih tinggi lagi, karena kalung itu merupakan maha karya keindahan dengan pengerjaan yang tidak biasa.

Direktur toko online perhiasan 77 Diamonds, Tobias Kormin mengatakan, berlian itu dapat dijual dengan harga mencapai 50 juta dolar AS atau Rp677,2 miliar.

"Saya kecewa karena Art of de Grisogono tidak dijual dengan harga yang lebih fantastis," kataya.

Sumber: Kompas.com
Editor: Gokli


BNN-KEPRI