Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Australia akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis Sebelum Natal Tahun Ini
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-11-2017 | 10:02 WIB
PM-Australisa.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menargetkan hukum untuk melegalkan pernikahan sesama jenis rampung pada akhir tahun ini (AFP Photo/Peter Parks)

BATAMTODAY.COM, Australia - Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menargetkan hukum untuk melegalkan pernikahan sesama jenis rampung pada akhir tahun ini.

"Rakyat Australia menugaskan kami untuk merampungkan ini. Tahun ini, sebelum Natal, itu komitmen kami," ujar Turnbull, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (15/11).

Turnbull melontarkan janji ini setelah 61,6 persen warga Australia dalam pemungutan suara pada Selasa (14/11) mendukung pernikahan sesama jenis.

"Hasilnya sangat tegas, sangat besar. Jutaan orang memilih ya untuk kesetaraan pernikahan. Mereka memilih ya untuk keadilan, ya untuk komitmen, ya untuk cinta," tutur Turnbull.

Pernyataan ini dianggap sebagai tonggak keberhasilan gerakan pro-gay di Australia, negara yang sempat melarang aktivitas homoseksual hingga 1997.

"Hari yang indah. Maju terus Australia," ujar Ellen DeGeneres, pembawa acara televisi kenamaan yang menikahi aktris asal Australia, Portia de Rossi, di Amerika Serikat.

Sejumlah kota besar di Australia besar, seperti Sydney dan Melbourne, pun bersorak sesaat setelah Turnbull mendeklarasikan janjinya.

Para warga terlihat turun ke jalan dengan membawa spanduk-spanduk bertuliskan "cinta kami nyata!" Sejumlah warga lain melindungi diri dari terik matahari menggunakan payung berwarna pelangi, simbol dukungan terhadap gerakan LGBT.

Di tengah kerumunan di Kota Sydney, terlihat atlet renang Olimpiade, Ian Thorpe, yang mengaku sempat gelisah saat menanti hasil pemungutan suara.

"Hasil ini sangat penting bagi banyak orang di seluruh negara ini. Hasil ini berarti cara kalian memberikan perasaan kepada orang lain, siapa pun itu, akan setara," katanya.

Sumber: Reuters
Editor: Udin