Evakuasi Paus Terdampar di Pantai Ujong Kareung, Lanal Sabang Kerahkan KAL Simeulue
Oleh : Harjo
Rabu | 15-11-2017 | 08:14 WIB
Paus-terdampar-di-aceh.jpg
Masyarakat menyaksikan 10 ekor paus yang terdampar di Pantai Ujong Kareueng, Aceh Besar (Sumber foto: youtube)

BATAMTODAY.COM, Sabang - Sebanyak 10 ekor ikan paus ditemukan terdampar di Pantai Ujong Kareung, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (13/11/2017) pagi.

Kapal Angkatan Laut (KAL) Simeulue bersama prajurit Pos Angkatan Laut (Posal) Malahayati yang berada di bawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sabang, melaksanakan evakuasi terhadap 10 ekor paus yang terdampar di Pantai Ujong Kareueng, Aceh Besar tersebut.



Melalui rilis yang disampaikan ke redaksi BATAMTODAY.COM dikatakan, kejadian bermula ketika prajurit Posal Malahayati mendapatkan informasi dari nelayan dan masyarakat sekitar, tentang adanya ikan paus yang terdampar di Pantai Ujong Kareueng.

Prajurit Posal Malahayati bergegas menuju ke lokasi. Selajutnya info tersebut diteruskan kepada Lanal Sabang dan ditindaklanjuti dengan mengirimkan KAL Simeulue menuju lokasi.



Setibanya di lokasi, KAL Simeulue bersama prajurit Posal Malahayati bahu membahu bekerja sama dengan tim evakuasi dari PSDKP, Basarnas, 1 Sea Raider Bekangdam, Polri, Dinsos Aceh dan nelayan Krueng Raya, segera melaksanakan evakuasi terhadap ikan paus yang terdampar tersebut.

KAL Simeulue bersama prajurit Posal melakukan evakuasi dengan cara memindahkan tali tros ke KM Napoleon 045 untuk menarik ikan paus yang berada di pantai. Sampai saat ini, dari 10 ekor paus, sudah berhasil dievakuasi 5 ekor dan sisanya masih dalam proses evakuasi.

Editor: Udin


BNN-KEPRI