Ini Penyebab Nurdin Tak Kunjung Ajukan Nama Cawagub Pengganti Agus Wibowo
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 15-11-2017 | 08:00 WIB
Nurdin-86201712.gif
Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa belum diajukanya satu nama calon wakil Gubernur Kepri ke DPRD disebabkan belum adanya kesepakatan usulan calon Wakil Gubernur dari 5 Parpol pengusung.

Kepada wartawan, Nurdin mengaku jika sebelumnya telah mengundang 5 parpol pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, seperti Demokrat, Gerindra, PPP, PKB dan Nasdem. Tetapi, dalam pertemuan tersebut, hanya beberapa pimpinan partai pengusung yang datang, sedangkan pimpinan lainya tidak bisa hadir dengan alasan masih sibuk.

"Kemarin juga sudah saya undang masing-masing pipinan partai pengusung, tapi ada yang nggak bisa datang, katanya masih sibuk," ujar Nurdin kepada sejumlah wartawan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (14/11/2017).

Nurdin bahkan mengaku sudah tiga kali melakukan pertemuan untuk membicarakan calon wakil guberur yang akan diajukan ke DPRD. Namun saat diundang, lagi-lagi sejumlah pimpinan parpol pengusung juga tidak hadir.

"Pertemuan tak bisa full, makanya nanti akan diundang lagi. Dan, sampai Kamis kemarin sudah 3 kali dilakukan pertemuan, tapi sejumlah pimpinan Parpol pengusung masih ada yang tidak hadir," ujarnya tanpa menyebut pimpinan parpol yang tidak hadir tersebut.

Mantan Bupati Karimun ini juga mengatakan, dirinya sebagai Gubernur terus mengusahakan sebagaimana yang diarahkan DPRD. Namun karena belum bulatnya kesepakatan, membuat satu nama calon wakil gubernur pengganti Agus Wibowo itu belum dapat diajukan.

"Saya juga tidak tahu mengenai haluan dan politik masing-masing partai pengusung. Dan saya sebagai Gubernur juga tidak bisa masuk ke dalam internal masing-masing partai," ujarnya.

Dengan perpanjangan waktu satu minggu pengusulan satu nama calon wakil gubernur yang diberikan DPRD, Nurdin mengaku akan kembali melakukan pertemuan dan komunikasi dengan seluruh parpol pengusung dalam minggu ini.

"Dalam dua minggu ditambah satu minggu lagi waktu perpanjangan pengajuan, saya tetap usahakan," ujarnya.

Disingung dengan waktu satu minggu perpanjangan tinggal beberapa hari, Nurdin menyebut tidak ada masalah. Karena sebagaimana desakan DPRD, dirinya juga terus mengusahakan.

"Nggak apa-apalah, mereka kasih perpanjangan waktu saya juga kan usaha. Selain itu, tidak bisa hanya saya yang mengajukan, tetapi harus partai pengusung," ujarnya.

Ditanya kemungkinan apakah nanti akan ada inisiatif dirinya sebagai Gubernur untuk mengajukan satu nama calon Wakil sebagaimana yang dilakukan dan disepakati beberapa Parpol pengusung nama calon Wakil Gubernur, Agus Wibowo dan Isdianto, Nurdin mengaku, dirinya tidak dapat menetapkan nama calon wakil tersebut sendirian.

Sebab menurutnya, calon yang diusulkan sebagaimana jagoan Partai Demokrat sebelumnya gugur dan tidak mendapat dukungan dari parpol pengusung lainnya, sehingga nanti akan kembali gugur di Panlih DPRD saat diverifikasi, karena tidak mendapat dukungan serta rekomendasi dari Parpol pengusung lainnya.

"Kamarin kan sudah saya ajukan Agus Wibowo. Nanti kalau saya ajukan sendiri, begitu lagi, jadi kita tunggu masing-masing parpol mengajukan-lah," ujar Nurdin.

Editor: Udin


BNN-KEPRI