Ini 8 Makanan Bantu Sembuhkan Flu
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-11-2017 | 11:52 WIB
teh-hijau-00.jpg
Ilustrasi - teh hijau. (Shutterstock/kuleczka)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak ada yang kebal terhadap flu. Tahukah Anda bahwa sekitar 200 virus bisa menyebabkan flu dan rhinovirus adalah penyebab paling umum di antara virus itu?

Infeksi virus yang sangat menular ini mempengaruhi bagian sistem pernapasan atas, yang meliputi hidung dan tenggorokan. Sebagian besar menyebar melalui batuk dan bersin.

Gejala pilek termasuk sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pembengkakan sinus, bersin, batuk, demam ringan dan sering sakit kepala.

Tubuh juga menjadi lemah, menyebabkan penurunan produktivitas dan masalah lainnya. Gejala ini bisa berlangsung antara 2 dan 14 hari dan kebanyakan orang sembuh total dalam waktu 10 hari.

Ada makanan super yang bisa digunakan untuk melawan dan mencegah flu. Berikut beberapa makanan super terbaik untuk menyembuhkan flu :

1. Teh Hijau

Teh ini sarat dengan antioksidan penangkal penyakit, mengandung khasiat antivirus dan antibakteri. Ini mengandung sekelompok antioksidan yang disebut katekin yang telah terbukti menghambat aktivitas flu biasa.

2. Bawang putih

Bawang putih dikenal dengan khasiat antivirus dan antibakterinya. Telah digunakan sejak lama untuk melawan flu biasa. Ini mengandung allicin, yang merupakan senyawa sulfat yang menghasilkan antioksidan kuat dan menawarkan banyak manfaat.

3. Jeruk

Jeruk penuh dengan vitamin C yang membantu melawan berbagai jenis infeksi virus, termasuk flu biasa. Ini adalah antioksidan kuat yang meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Jeruk adalah salah satu makanan super terbaik yang bisa menyembuhkan flu.

4. Blueberry

Blueberry mengandung senyawa yang disebut quercetin yang mengurangi kemungkinan terserang flu. Bluberi mengandung berbagai antioksidan dan nutrisi melawan penyakit seperti vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Jamur

Jamur digunakan untuk melawan flu biasa dan jenis infeksi virus lainnya. Ini meningkatkan produksi sitokin yang membantu melawan infeksi.

6. Yogurt

Yogurt meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh secara alami melawan infeksi seperti flu. Yogurt mengandung budaya hidup dan aktif yang mengurangi kejadian flu biasa dan infeksi virus lainnya.

7. Daging sapi

Daging sapi mengandung zat nutrisi seng yang penting untuk pengembangan sel darah putih yang melindungi tubuh Anda. Protein yang Anda dapatkan dari makanan super ini akan membantu membangun antibodi dan melawan infeksi.

8. Ubi jalar

Ui jalar adalah sumber vitamin A yang baik, yang menjaga kesehatan permukaan mukosa yang meliputi bagian dalam hidung dan saluran pencernaan. Ini adalah salah satu makanan super terbaik yang bisa menyembuhkan flu.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli


BNN-KEPRI