Partai Pengusung belum Tentukan Satu Lagi Nama Cawagub, Nasdem Inginkan Rini
Oleh : Ismail
Senin | 13-11-2017 | 18:14 WIB
PKB-Abdul-Basit-Haz.jpg
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW-PKB) Provinsi Kepri, Abdul Basit Haz (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemilihan Wakil Gubernur (Pilwagub) Kepulauan Riau di DPRD Kepri hingga saat ini belum juga menemukan titik terang. Meski DPRD sudah dua kali menyurati partai pengusung agar mengajukan satna nama lagi Cawagub melalui Gubernur, namun pengusulan tersebut belum juga dilakukan.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW-PKB) Provinsi Kepri, Abdul Basit Haz, saat ditemui usai melakukan pertemuan bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyebut, hingga saat ini kelima partai pengusung Sani-Nurdin pada Pilkada 2015 lalu belum menentukan satu nama usulan baru Cawagub.

Bahkan, pertemuan antara Gubernur dan pimpinan partai pengusung yang dijadwalkan hari ini, Senin (13/11/2017), juga tidak membuahkan hasil karena para pimpinan partai berhalangann hadir.

"Pak Gubernur minta dijadwalkan hari ini. Tapi, rekan-rekan partai berhalangan hadir karena sedang di luar kota. Untuk itu, saya hari ini melaporkan ke Pak Gubernur," kata Basit kepada awak media di Kantor Gubernur, kawasan Dompak.

Ia menyebut, pertemuan bersama guna menyamakan persepsi pengusulan satu nama Cawagub kepada DPRD tersebut kembali dijadwalkan Kamis (16/11/2017) mendatang. "Makanya kita jadwalkan kembali. Rencananya Kamis nanti," singkatnya.

Abdul Basit menjelaskan, jika mengikuti keinginan Gubernur, beliau menghendaki proses Pilwagub Kepri dapat dilaksanakan secepatnya. Hanya saja, untuk mengusulkan kembali satu nama pengganti Agus Wibowo harus melalui kesepakatan dari kelima partai pengusung.

Saat ini, lanjutnya, masih ada tiga nama yang menjadi pilihan dari masing-masing partai pengusung untuk diusulkan ke DPRD. Yakni, Mustafa Widjaja, Rini Fitrianti, dan Fauzi Bahar.

"Kalau PKB masih teguh pada pengusulan awal, yakni Isdianto dan Mustafa," katanya.

Ia juga menambahkan, pihaknya juga menyerahkan keputusan tersebut kepada Gubernur melalui musyawarah bersama partai pengusung. Setakat ini, tambah Basit, Gubernur yang juga Pimpinan DPW Partai Nasdem Kepri berkeinginan mengusulkan putri Almarhum Sani, Rini Fitrianti.

Namun, keinginan tersebut perlu dibahas dalam pertemuan antar pimpinan partai pengusung nanti. "Kalau menurut Pak Gubernur Rini. Tapi, nanti dalam pertemuan kita lihat sejauh mana. Karena, politik ini kan fleksibel, nanti kita lihat suara terbanyak," ungkapnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI