Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Cara Mengolah Ubi Untuk Diet
Oleh : Redaksi
Senin | 13-11-2017 | 17:02 WIB
ubi-rebus1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ubi rebus.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Anda mungkin tidak pernah berpikir untuk melakukan diet dengan mengkonsumsi ubi. Padahal, umbi-umbian bisa dijadikan alternatif untuk diet.

Ubi mengandung banyak karbohidrat namun rendahkalori. Oleh karena itu, ubi akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama sehingga nafsu makan pun akan terjaga.

Tidak hanya karbohidrat, ubi juga mengandung banyak serat serta zat-zat lain, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, kalsium, protein, dan lainnya yang merupakan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan benar-benar pas untuk diet.

Lalu, bagaimana cara mengkonsumsi ubi yang baik untuk diet? Ada empat cara yang biasa digunakan untuk mengolah ubi saat diet. Ini dia:

1. Direbus
Cara pertama yang bisa dan tentunya cara paling mudah untuk mengkonsumsi ubi saat diet adalah direbus. Kita hanya cukup merebus ubi hingga teksturnya menjadi lunak. Ubi rebus juga bisa dijadikan pengganti nasi untuk sarapan ataupun sahur bagi yang hendak berpuasa.

2. Dipanggang
Cara kedua untuk mengkonsumsi ubi saat diet adalah dipanggang. Kita cukup memanggang ubi selama 10 sampai 20 menit dalam suhu sekitar 220 derajat. Ubi panggang biasanya menjadi pilihan bagi orang yang sedang diet dan bosan dengan olahan ubi rebus.

3. Dikukus
Hampir mirip dengan direbus, cara ketiga untuk mengkonsumsi ubi saat diet adalah dikukus. Caranya, potong ubi dengan ukuran sesuai keinginan setelah itu kukus hingga matang. Ubi kukus ini bisa dijadikan sebagai pengganti camilan yang berlemak dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4. Dijadikan keripik
Cara keempat mungkin yang paling disenangi banyak orang, yakni mengkonsumsi ubi selama diet dalam bentuk keripik. Cara membuat keripik ubi sangat mudah, sama seperti cara membuat keripik pada umumnya.

Namun harus diingat, manfaat dari keripik ubi tidak akan seoptimal ketiga olahan ubi yang lain karena dalam pembuatan keripik ubi kita akan melibatkan minyak. Walau begitu, keripik ubi tentu masih lebih baik dibanding keripik-keripik lain.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha