Pemko Tanjungpinang Beri Pendidikan Hukum Bagi Pelajar SMA
Oleh : Habibi
Senin | 13-11-2017 | 13:26 WIB
Pendidikan-Hukum-tpi1.gif
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memberikan ilmu hukum kepada pelajar SMA. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang memberikan pembinaan kader sadar hukum untuk pelajar jenjang SMA se-Kota Tanjungpinang di Aula Bulang Linggo, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (13/11/2017).

Sebanyak 300 orang pelajar mengikuti pembinaan tersebut dengan tujuan memberikan pemahaman tentang hukum, khususnya semua peraturan daerah (Perda) kota Tanjungpinang agar semua pelajar melek terhadap aturan tersebut.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Ahadi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sengaja dilakukan guna memberikan pemahaman kepada para remaja khususnya. Guna mengantisipasi segala bentuk kejahatan agar tidak mereka lakukan. Apalagi kejahatan melalui media sosial yang saat ini marak dilakukan, ini menjadi perhatian pemerintah agar generasi penerus dapat taat hukum.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman, pengajaran, pendidikan tentang hukum yang ada di Indonesia. Tujuan utama adalah para kader muda kita mengerti tentang hukum dan memotivasi mereka untuk taat hukum," kata Ahadi dalam laporannya.

Selanjutnya, kata dia lagi, para kader yang diberikan pembinaan tersebut nantinya bertugas mensosialisasikan kepada rekan-rekan mereka disekolah masing-masing.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi, basic pendidikan Lis sendiri adalah hukum, jadi dengan adanya kegiatan tersebut dia berharap para peserta yang ikut dapat menjadi pelopor pencegahan terjadinya praktek pelanggaran hukum.

"Masa belia memang masa yang rawan, jika tidak di didik dengan baik, maka kebanyakan akan salah arah. Ini salah satu basic pendidikan yang sangat bagus untuk mereka. Dengan memahami hukum dan tau tentang sanksinya, mereka akan menjadi kader penegakan hukum dengan cara mensosialisasikan kepada teman-teman di sekolah," kata Lis saat diwawancarai usai menghadiri kegiatan tersebut.

Lis berharap, para generasi muda Tanjungpinang dapat benar-benar menanamkan dalam hati untuk taat hukum dan berani mengajukan hukum.

Kegiatan itu sendiri melibatkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Herry Ahmad Pribadi sebagai narasumber juga dari pihak Kepolisian dan bagian hukum kota Tanjungpinang.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI