Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati HKN, Saka Bakti Husada Jelajah Bukit Bendera Lingga
Oleh : Nur Jali
Senin | 13-11-2017 | 10:02 WIB
jelajah-negeri.jpg Honda-Batam
Bersama pengelola air panas dan para Pembina Saka Bakti Husada (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Saka Bakti Husada Pramuka Kabupaten Lingga, menjelajah air terjun Bukit Bendera yang berlokasi tak jauh dari pemandian Air Panas Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir, Minggu (12/11/17).

Kegiatan ini diikuti sedikitnya lima puluh orang, yang terdiri dari beberapa Penegak dari Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan yang ada di Dabosingkep. Selama diperjalanan para Penegak ini diminta untuk mencari tanaman obat, di sekeliling rute yang mereka lewati. Sebelum menuju ke lokasi, para anggota Saka Bakti Husada itu pun mendapat arahan dari pengelola Air Panas.

"Ini kegiatan yang cukup baik, kami sangat senang, nanti kita berharap adek-adek semua dapat menjaga lingkungan sekitar," sebut Edi Melong, kepada para Praja Muda Saka Bakti Husada ini.

Kegiatan yang disejalankan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, menurut Arbain, salah satu pembina Saka Bakti Husada mengatakan, tidak lain sebagai wujud untuk pencapaian tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini yaitu "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku". Melalui Gerakan Pramuka, dirinya berharap anak-anak pramuka paham akan pentingnya menjaga kesehatan.

"Mereka kita minta mengumpulkan tanaman obat-obatan, nanti tanaman ini akan kita catat dan akan menjadi pengetahuan buat para peserta," kata Arbain, selaku pembina Saka Bakti Husada ini.

Meski harus menempuh medan yang penuh dengan semak dan dikeliligi hutan, tidak menyurutkan semangat para peserta dari Saka Bakti Husada ini. Keindahan alam Air Terjun Bukit Bendera menjadi pengobat lelah para peserta.

Tak lupa, berselfi ria di medan yang cukup ekstrim, disempatkan para paramuka Saka Bakti Husada ini untuk mengabadikan momoen tersebut yang dipandu oleh senior-senior mereka.

Soliditas anak-anak saka ini juga terlihat saat makan bersama dengan para anggota dan pembina yang membaur bersama-sama.

Usai melakukan perjalanan panjang menuju Bukit Air Terjun di kaki Bukit Bendera ini, para anggota Saka Bakti Husada juga menyempatkan diri melakukan penanaman pohon pisang kipas di area pemandian air panas bersama dengan pengelola pemandian air panas.

Editor: Udin