Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maknai Hari Pahlawan, SMKN 3 Tanjungpinang Berbagi Sembako
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 10-11-2017 | 13:26 WIB
Pembagian-sembako-SMK3.gif Honda-Batam
SMKN 3 Tanjungpinang Berbagi Sembako kepada warga kurang mampu. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Banyak cara yang dilakukan setiap orang dalam memaknai hari pahlawan, seperti melakukan upacara dan bhakti sosial. Di Tanjungpinang, siswa dan siswi SMK 3 memaknai hari pahlawan dengan menanamkan karakter saling berbagi, dan rela berkorban untuk membantu orang lain.

Hal itu dilakukan siswa kelas X bisnis konstruksi dan property dan kelas XII permesinan, SMKN 3 Tanjungpinang usai melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan, Jumat (10/11/2017).

Menurut guru pembimbing siswa, Maya Sari dan Elisa, kegiatan bagi-bagi sembako yang dilakukan didasari dari kegiatan proses belajar siswa yang membahas tentang cara memaknai hari pahlawan yang berjuang dan gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

"Dari proses belajar itu, siswa dan siswi bertanya apa yang harus dilakukan dalam memaknai peringatan hari pahlawan ini. Sehingga terbentuk satu kesepakatan dilakukan pembagian sembako, dari upaya dan urungan dana masing-masing siswa," ujar Maya Sari.

Tujuan kegiatan ini juga untuk menanamkan karakter baik pada siswa dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.
Kegiatan ini juga memberikan pemahaman pada masing-masing siswa atas sifat kepahlawanan dalam diri untuk rela berkorban dan peduli dengan sesama.

"Karena seorang pahlawan adalah yang merendahkan ego dan kepentinganya demi kepentingan orang banyak," ujarnya.

Walaupun apa yang dilakukan siswa tersebut tidak sebanding dengan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan, namun yang terpenting, siswa dan siswi sebagai generasi penerus bangsa dapat memahami, menjaga kutuhan bangsa dan negara ini, perlu pengorbanan semua pihak.

Editor: Yudha